Nazaruddin Klaim Punya 1 Paspor

Muhammad Nazaruddin di Situs Interpol Internasional
Sumber :
  • Situs Interpol Internasional

VIVAnews - Imigrasi telah mencabut paspor tersangka suap proyek wisma atlet SEA Games, Muhammad Nazaruddin. Meski sudah dicabut, namun Nazaruddin mengaku masih berada di Singapura.

Muncul kabar Nazaruddin memiliki lebih dari 1 paspor. Namun, hal itu dibantah Nazaruddin. "Tanya yang bilang saya punya 3 paspor, negara mana saja," kata Nazaruddin dalam pesan BlackBerry Messenger yang diterima VIVAnews.com, Rabu 6 Juli 2011.

Nazaruddin pun menegaskan hanya memiliki satu paspor saja. "Iya satu paspor," ujar bekas Bendahara Umum Partai Demokrat itu.

Kemarin, Kementerian Luar Negeri Singapura menyebutkan bahwa Nazaruddin sudah tidak berada di Singapura lagi. "Dan sudah cukup lama tidak lagi berada di sini."

Bahkan, menurut Kementerian Luar Negeri Singapura, informasi ini sudah diberitahukan kepada pemerintah Indonesia beberapa minggu lalu. "Jauh sebelum dia ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK pada 30 Juni 2011."

Singapura menegaskan, pihaknya selalu bersedia bekerja sama dengan penegak hukum Indonesia dalam kasus ini dan kasus lainnya. Namun, Juru Bicara itu menegaskan, sebelum Nazaruddin terkena dakwaan atas kejahatan apapun atau bahkan dijadikan tersangka saat dia berada di Singapura dan punya paspor Indonesia yang masih valid, pemerintah negara-kota itu tidak memiliki alasan untuk mencegah dia masuk atau keluar dari Singapura.

Mengenai pertanyaan dimana Nazaruddin, Juru Bicara yang tidak disebutkan namanya itu menyatakan, "Saya tidak tahu dan kami tidak melacak orang yang telah meninggalkan Singapura. Pihak berwenang Indonesia sudah diinformasikan tujuannya saat dia berangkat."

Namun, pernyataan resmi Singapura itu dibantah Nazaruddin. Menurutnya, dia saat ini masih berada di Singapura. "Saya di Sing (Singapura)," ujarnya.

 Menteri Hukum dan HAM, Patrialis Akbar juga menyatakan, sampai saat ini Nazaruddin masih berada di Singapura. Namun, Patrialis tidak dapat memastikan apakah Nazaruddin telah berpindah ke negara lainnya. "Kami kan tidak mengikuti terus," ujarnya.

Nazaruddin saat ini menjadi tersangka dalam kasus suap proyek wisma atlet SEA Games. Selain itu, Nazaruddin juga disebut terlibat dalam kasus korupsi di Kementerian Pendidikan Nasional. (umi)

Terpopuler: Pelat Nomor TNI Fortuner yang Viral, Skema Kredit Honda Stylo 160
Toko roti di Gaza dibuka kembali

Kembali Beroperasi, Pabrik Roti di Gaza Diserbu Ratusan Warga Palestina hingga Antre Berjam-jam

Pabrik milik ‘Kamel Ajour Bakery’ adalah salah satu toko roti yang kini kembali buka di Gaza, setelah mendapatkan pasokan bahan bakar dan tepung dari Program Pangan Dunia

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024