Pemerintah Jamin Stok Pangan Aman

Mendag, Mari Elka Pangestu
Sumber :
  • ANTARA/Reuters-Daniel Munoz

VIVAnews - Pemeritah melalui Kementerian Perdagangan menjamin stok pangan di Indonesia aman untuk bulan Ramadhan hingga Lebaran tahun ini.

"Yakinlah bahwa stok cukup sampai Puasa dan Lebaran," kata Menteri Perdagangan (Mendag) Mari Elka Pangestu saat ditemui di Gedung Perekonomian, Jumat 8 Juli 2011.

Menurut Mendag, pemerintah sedang melakukan langkah-langkah untuk memastikan hingga akhir tahun ini stok pangan cukup dan kuncinya yakni menjaga stok Bulog supaya cukup untuk melakukan operasi dan mengantisipasi bencana serta perubahan iklim.

"Kita jaga dan maksimumkan pengadaan di dalam negeri. Kalau kurang, baru kita lakukan pengadaan dari luar negeri," kata Mari.

Selain itu, Mendag menambahkan, hingga saat ini pemerintah juga berusaha agar harga barang-barang kebutuhan pokok atau pangan tidak mengalami kenaikan. "Sampai saat ini belum ada kenaikan harga," tuturnya. 

Respons Nagita Slavina Saat Tyas Mirasih Ingin Jual Tas demi Biaya Pengobatan

Sebelumnya, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mengadakan koordinasi menyikapi ketersediaan pangan dalam menghadapi Lebaran dan tahun 2012 mendatang.

Sebab, pemerintah khawatir terhadap stok beras yang ada di Bulog sehingga Bulog diminta mengamankan stok yang ada dengan cara memaksimalkan produksi dalam negeri dan impor apabila diperlukan.

"Kita akan meningkatkan stok Bulog, pengadaan maksimal dari dalam negeri. Tapi, dari mana pun kita ambil, kalau perlu dari luar," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa saat ditemui di kantornya.

Laporan: Nina Rahayu

Gambar Nyamuk DBD

Health Minister Ensures Hospitals Ready to Handle Dengue Patients

The number of dengue fever cases in Indonesia has increased, with over 35,000 patients so far. Meanwhile, 390 people have died due to dengue fever.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024