Jelang APEC, Bali Bangun Hotel Tahan Peluru

KTT APEC
Sumber :
  • AP Photo/APEC, Pool

VIVAnews - Menjelang pelaksanaan Konferensi Asia Pasifik atau APEC di Bali pada tahun 2013  mendatang, sejumlah proyek pembangunan mulai digeber pemerintah setempat.  Salah satu proyek prestisius yang akan dibangun di Pulau Dewata ini adalah Bali International Park (BIP) yang akan menyediakan kamar anti peluru untuk para presiden anggota APEC.

Tiga Mahasiswa ITB Wakili Indonesia di Ajang Brandstrom di Inggris

Rencananya, proyek BIP yang bakal menggunakan lahan seluas 250 hektare itu akan mulai memasuki tahap pembangunan pada akhir Juli 2011.

"Ini proyek prestisius. Persaingan usaha wisata terkadang negatif. Dan, itu sering dialami Indonesia, Bali khususnya. Proyek BIP ini membawa angin segar optimisme persaingan usaha wisata Indonesia di dunia internasional," kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Badung, I Gusti Ngurah Rai Suryawijaya, Sabtu 9 Juli 2011.

Rai mengatakan pembangunan proyek prestisius ini diperkirakan bakal menelan biaya hingga Rp2 triliun. Selain kamar anti peluru, BIP yang dirancang sebagai bangunan berkelas dunia juga akan menyediakan ruang pertemuan yang mampu menampung 5.000 orang.

IRT di Kalbar Tewas Bersimbah Darah dengan Luka Tembak, Polisi Lakukan Penyelidikan

Selama ini, lanjut Rai, pariwisata di kawasan Asia selalu dimenangkan oleh Malaysia, Singapura dan Thailand. Dengan dibangunnya mega proyek BIP ini, diharapkan Bali akan kembali menjadi ujung tombak untuk mendorong Indonesia merajai pariwisata di kawasan Asia.

"Hanya Bali yang bisa menyaingi Malaysia, Singapura dan Thailand. Bali sudah terbukti 2 kali memenangkan kategori "The Best Destination" oleh dunia internasional," tuturnya.

Rai berharap proyek pembangunan BIP di kawasan Jimbaran, Badung tersebut akan memperoleh dukungan dari masyarakat Bali. Sebab jika tidak, tak menutup kemungkinan proyek tersebut akan batal dan dialihkan ke negara lain. "Kalau itu sampai terjadi sangat bahaya. Jangan sampai kita tertinggal dari negara lain," ingatnya.

Sementara itu, Kepala Humas PT Jimbaran Hijau selaku penggarap proyek BIP, Sin Sidarta, mengatakan, BIP dirancang untuk menjadi kawasan wisata terpadu. Ia akan menjadi daya dukung pariwisata Bali bertaraf internasional yang mampu bersaing secara positif dengan negara lain. "Khususnya negara tetangga seperti Malaysia dan Singapora, yang terus secara berkelanjutan membangun destinasi-destinasi baru," urai Sin melalui saluran teleponnya kepada VIVAnews.com. (sj)

Masjid Istiqlal Siap Sambut 250 Ribu Jamaah Shalat Idul Fitri 1445 H

(Laporan: Bobby Andalan| Bali)

Kapolres dan Walikota Jaksel Kompakan Patroli Malam Takbiran Pakai Motor

Kapolres-Wali Kota Jaksel Kompakan Patroli Malam Takbiran Pakai Motor

Polres Metro Jakarta Selatan bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Kota (Forkopimko) melakukan patroli berskala besar pada malam takbiran, Selasa 9 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024