Pengacara Johnson Panjaitan Disandera?

Papua dan Irian Jaya
Sumber :
  • papua.go.id

VIVAnews -- Pengacara Perhimpunan Bantuan Hukum dan Hak Asasi Manusia (PBHI) Johnson Panjaitan dikabarkan disandera di Pulau Kawe, Raja Ampat, Papua Barat.

Kawan baiknya, Robinsar Opak mengatakan, Johnson ke Papua dalam kapasitas sebagai pengacara PT Kawe Sejahtera Mining milik Suku Kawe. Perusahaan yang diwakili Johnson menggugat PT Anugerah Surya Indotama -- untuk menghentikan aktivitas penambangan dan lahannya dikosongkan sampai proses hukum selesai. Gugatan dilayangkan tiga bulan lalu, namun hingga kini pihak tergugat masih beraktivitas.

"Teman saya sampai di Pulaui Kawe minggu siang, sampai di sama ia ke lokasi penambangan dan meminta semua aktivitas tambang dan eksplorasi dihentikan," kata Robinsar Opak saat dihubungi VIVAnews.com, Senin 11 Juli 2011.

Saat itulah, tambah dia, terjadi adu mulut. "Akhirnya terjadi tembakan ke udara yang dilakukan oleh aparat Brimob setempat yang membekingi PT itu, pertambangan tetap dilakukan dan keluarlah ancaman bahwa akan dibunuh oleh aparat Brimob Polres Raja Ampat," tambah Opak.

Saat ini, tambah dia, Johnson tidak dapat ke luar dari Pulau Kawe dan terancam keselamatannya. "Saya tidak bisa mengontak Johnson dan kawan-kawan karena semua telepon genggam terputus," tambah dia. Opak mengaku telah menghubungi Humas Polda Papua, dan mereka menyangkal ada penyanderaan. Lalu, dari mana berita penyanderaan berasal. "Stafnya, dia juga ikut disandera."

Dikonfirmasi, Kapolres Raja Ampat AKBP, I Nyoman Suastra membantah ada penyanderaan. "Saya memang sedang berada di Jayapura, tapi dari laporan yang saya terima dari anggota di lapangan, Johnson Panjaitan sedang berada di pulau Kawe, tapi tidak benar ada penyanderaan terhadap dirinya," ujar Kapolres ketika dikonfirmasi via selulernya Senin 11 Juli.

Lanjut Kapolres, dirinya juga sudah mendapat informasi terkait, adanya dugaan penyanderaan oleh aparat terhadap Johnson, tapi setelah dicek itu sama sekali tidak benar. "Yang jelas tidak ada penyanderaan, saya sudah cross cek kesana," tandasnya.

Menurut Kapolres, dari keterangan yang diperolehnya, Jonson Panjaitan berada di Pulau Kawe Raja Ampat,  dalam rangka mendampingi kliennya. "Johnson kan laywer salah satu perusahaan di Pulau Kawe, jadi dia dalam kapasitas mendampingi kliennya di sana." (eh)

Laporan: Banjir Ambarita| Papua

Viral Aksi Emak-emak di Makassar Mengamuk Sambil Ancam Pakai Parang Penagih Utangnya
Song Hye Kyo dan Gong Yoo

Gong Yoo dan Song Hye Kyo Bakal Main Drama Sejarah Bareng

Penggemar drama Korea bersiaplah untuk menyambut kehadiran dua bintang top dalam sebuah kisah sejarah yang menggugah. Gong Yoo dan Song Hye Kyo, dua nama besar di Korea.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024