Istilah Unik Nazaruddin

Bendahara Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu

VIVAnews - Muhammad Nazaruddin ternyata memiliki sejumlah istilah saat berbincang dengan Mindo Rosalina Manulang. Tersangka suap wisma atlet itu tidak pernah menyebut nama orang dalam setiap perbincangannya.

Istilah-istilah yang sering disebut Nazaruddin dalam pesan-pesannya itu antara lain Ibu Artis, Pak Bali, apel Malang, dan salak Bali. Empat istilah itu memiliki arti tersendiri.

"Artis itu Angelina, Bali itu Wayan Koster," kata Nazaruddin soal istilah-istilah itu dalam pesan BlackBerry Messenger yang dikirim ke VIVAnews.com, Rabu 13 Juli 2011.

Angelina Sondakh sudah membantah terlibat dalam kasus suap Kemenpora. Angie justru mempersilakan Nazaruddin melaporkan tuduhannya itu ke KPK. “Akan lebih elegan kalau Nazar pulang dan lapor langsung ke KPK,” kata Angelina. Wakil Sekjen Partai Demokrat itu juga membantah tudingan Nazaruddin bahwa ia diperkenalkan Menpora Andi Mallarangeng kepada Sesmenpora Wafid Muharram.

Wayan Koster juga telah membantah. Namun politisi PDI Perjuangan itu tak mau menanggapi lebih lanjut tudingan Nazar. "Saya tak perlu komen soal pernyataan Nazar nanti malah jadi ribet," ujar Koster dalam pesan singkat yang diterima VIVAnews.

Sedangkan untuk istilah apel Malang dan salak Bali, dimaksudkan sebagai uang. "Apel Malang atau salak Bali itu istilah uang," ujarnya.

Namun, Nazaruddin enggan menjawab pertanyaan apakah ada istilah untuk Susilo Bambang Yudhoyono, Edhie Baskoro Yudhoyono, maupun Andi Mallarangeng. Padahal Nazar pernah mengungkapkan keterlibatan Andi Mallarangeng dalam kasus Kemenpora ini.

Nazaruddin pernah berujar, "Saya akan buka semua proyek di Menpora yang direkayasa sama Komisi X – Angelina, Wayan Koster, dan Mirwan Amir – serta menterinya, Andi Mallarangeng," kata Nazaruddin lewat BBM beberapa waktu lalu.

Andi sudah membantah semua tuduhan Nazaruddin. "Pokoknya kami siap bekerja sama penuh dengan KPK. Bila hendak dimintai keterangan lagi, silakan," kata Menteri Pemuda dan Olahraga itu.

Nazaruddin kini menjadi buronan interpol. Dia juga adalah tersangka dalam kasus suap di Kemenpora. Selain itu, Nazaruddin juga diduga terlibat dalam kasus korupsi di Kementerian Pendidikan Nasional. (umi)

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot
Jemaah haji Indonesia mendengarkan khutbah Subuh jelang wukuf.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Menurut Direktur Bina Haji PHU Arsad Hidayat, jemaah haji diminta tidak asal membagikan informasi yang beredar di media sosial yang belum jelas kebenarannya.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024