Indonesia Tuan Rumah Ajang Wirausaha Dunia

Mendag, Mari Elka Pangestu
Sumber :
  • ANTARA/Reuters-Daniel Munoz

VIVAnews - Indonesia akan menjadi tuan rumah ASEAN Regional Entrepreneurship Summit. Acara yang menumbuhkan jiwa kewirausahaan ini akan diselenggarakan di Grand Hyatt Hotel, Denpasar, Bali 22 hingga 24 Juli 2011.

"Acara tersebut dilaksanakan bersama chairman GEPI (Global Entrepreneurship Program Indonesia)," kata Menteri Perdagangan, Mari Elka Pangestu, di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu 13 Juli 2011.

Menurut Mari, Indonesia merupakan negara kedua terbesar yang mengirimkan delegasinya ke Entrepreneurship Summit dibandingkan 55 negara peserta lainnya. "Kami berkomitmen menggelar pertemuan selanjutnya dan ke depannya akan berdiskusi tentang wirausaha dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia," ujarnya.

Program yang akan dilaksanakan dua pekan ke depan ini, dia menambahkan, merupakan program regional pertama sebagai tindak lanjut dari Entrepreneurship Summit yang pernah dilaksanakan di Washington DC pada April 2010. Saat itu, Presiden AS Barak Obama sebagai tuan rumah.

"Kami sebagai fasilitator tentunya mendukung penuh tumbuh kembangnya kewirausahaan di Indonesia dengan menciptakan iklim yang kondusif, terutama bagi entrepreneur muda yang baru memulai usahanya," ujar Mendag.

Mari juga menegaskan, pentingnya jejaring kerja sama di antara para wirausaha Indonesia perlu dibangun dan dikembangkan. "Ke depan, kami berharap program ini dapat menjadi satu gerakan yang mendorong entrepreneurs untuk membangun," lanjutnya.

Regional Entrepreneurship Summit diperkirakan dihadiri lebih dari 200 delegasi dari penjuru ASEAN. Sekitar 12 wirausaha dari Amerika dan investor akan bertemu lebih dari 100 wirausaha dari Indonesia.

Acara ini juga menghadirkan pembicara terkemuka dari Amerika Serikat, ASEAN, China, dan India. (art)

Laporan: Nina Rahayu

Pengamat sebut Hadirnya Anies dan Muhaimin di KPU Beri Legitimasi Hasil Pemilu
Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Temui Presiden Jokowi di Istana

Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto, dan Gibran Rakabuming Raka, menemui Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta pada Rabu malam, 24 April.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024