DPR: Deputi Gubernur BI Jangan Dirangkap

Bank Indonesia
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Bank Indonesia (BI) telah menunjuk Deputi Gubernur Ardhayadi Mitroatmodjo untuk mengambil alih tugas sementara yang ditinggalkan almarhum Budi Rochadi, yang membawahi Sistem Pembayaran, Pengedaran Uang dan Pengawasan Bank Perkreditan Rakyat (BPR). Ardhayadi akan mengambil alih tugas tersebut hingga empat bulan ke depan.

"Gubernur BI sudah memberi informasi resmi, di mana telah menentukan pengganti Budi Rochadi itu Pak Ardayadhi," ujar Wakil Ketua Komisi XI, Harry Azhar Azis, kepada wartawan di Jakarta, Senin 18 Juli 2011.

Terkait penambahan tugas tersebut, tambahnya, sebenarnya ia merasa tak sependapat. Pasalnya, pelimpahan tugas akan memberatkan tugas Ardhayadi yang saat ini tengah menjabat Deputi Internal BI.

"Itu tidak mungkin dirangkap sebenarnya. Jika hanya satu bulan sih tidak apa-apa tapi untuk empat hingga lima bulan saya kira keterlaluan," imbuhnya.

Lebih lanjut, Harry menjelaskan, posisi yang diemban almarhum Budi Rochadi sebelumnya cukup padat, sehingga rangkap jabatan bisa merepotkan. Untuk itu, dirinya menyarankan agar Gubernur BI dalam waktu dekat menyeleksi untuk memilih pengganti Budi Rochadi dengan masa jabatan lima tahun ke depan. "Bukan untuk isi sisa waktu," tambahnya.

Seperti diketahui, Budi Rochadi meninggal dunia pada Minggu, 10 Juli 2011 pukul 18.30 waktu New York atau Senin, 11 Juli 2011 pukul 06.30 WIB. Budi saat berada di AS sedang melakukan perjalanan dinas mengikuti Bank Notes Conference.

Deputi Gubernur Budi Rochadi di BI memegang tugas cukup banyak yakni Direktorat Akunting dan Sistem Pembayaran (DASP), Direktorat Peredaran Uang (DPU), Direktorat Kredit, BPR dan UMKM, serta Perencanaan Strategis dan Hubungan Masyarakat (PSHM)

Sedangkan, Deputi Gubernur Ardhayadi Mitroadmodjo sendiri sudah mempunyai tugas di Direktorat Logistik dan Pengamanan (DLP), Direktorat Keuangan Intern (DKI), Unit Khusus Pengelolaan Aset (UKPA) dan Kantor Bank Indonesia (KBI). (ren)

Rusia Makin Gencar Menyerang, AS Janji Secepatnya Akan Kirim Senjata ke Ukraina
Chandrika Chika

Profil Selebgram Chandrika Chika yang Ditangkap Polisi Terkait Dugaan Kasus Narkoba

Kabar mengejutkan datang dari dunia hiburan Tanah Air. Chandrika Chika, yang dikenal dengan joget papi chulonya, ditangkap oleh pihak kepolisian terkait kasus narkoba.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024