BI Belajar Perbankan Syariah dari Malaysia

Darmin Nasution Ikuti Uji Kelayakan Cagub Bank Indonesia
Sumber :
  • Antara/Yudhi Mahatma

VIVAnews - Bank Indonesia belajar bagaimana mengembangkan pasar keuangan syariah di Indonesia kepada Malaysia. Pangsa pasar perbankan syariah masih rendah, tidak seperti Malaysia.

Menurut Gubernur Bank Indonesia, Darmin Nasution, meski masih kecil dibanding Malaysia, pasar keuangan syariah berkembang baik. Hal itu tercermin dari tingginya finance to deposit ratio (FDR) perbankan syariah.

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Bogor, Bandung Jumat 19 April 2024

Sementara itu, pasar keuangan Malaysia berkembang sangat baik. Hal itu dilihat dari pasar sukuk domestik Malaysia yang mencapai 72 persen.

“Tapi, di sisi lain, Indonesia dan Malaysia masih mempunyai beberapa kekurangan dalam mengembangkan perbankan syariah,” ujar Darmin saat membuka Joint High Level Conference on Islamic Finance di Jakarta, Senin, 18 Juli 2011.

Darmin menjelaskan, jumlah simpanan dan pembiayaan syariah meningkat. Pembiayaan mencapai 101 persen dalam satu dekade terakhir. “Ini artinya, fungsi intermediasi perbankan di Indonesia berjalan cukup baik," tuturnya.

Dalam acara itu, hadir Wakil Presiden RI Boediono, Gubernur Bank Malaysia, Dr Zeti Akhtar Aziz dan Crown Prince of Perak Malaysia, HRH Raja Nazrin Shab Ibni Sultan Azlan Muhibbuddin Shah, serta sejumlah  bankir syariah perwakilan Indonesia dan Malaysia. Pertemuan untuk membahas regulator perbankan syariah kedua negara itu diharapkan dapat membawa dampak yang baik bagi industri syariah.

"Nantinya, isu-isu pasar keuangan syariah, standar, infrastruktur, dan akuntansi syariah, antara kedua negara dielaborasi dalam acara ini," kata Darmin. (art)

Terpopuler: 3 Penyanyi Muslim Suka Lagu Rohani sampai Fakta Meli Joker
Duel Inter Milan vs Salzburg

Kuota Eropa Lengkap! Berikut 24 Tim yang Pastikan Tiket ke Piala Dunia Antarklub 2025

Klub Austria, RB Salzburg menjadi tim Eropa ke-12 dalam Piala Dunia Antarklub 2025 setelah Arsenal kalah dari Bayern Munich pada babak perempat final Liga Champions.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024