BK DPR Persilakan Nurpati Laporkan Panja

Andi Nurpati Ke Mabes Polri
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews – Mantan komisioner KPU Andi Nurpati berencana melakukan tuntutan hukum terhadap Panja Mafia Pemilu yang beberapa waktu lalu meminta keterangan darinya. Selain akan memidanakan Panja, ia juga akan melaporkan Panja ke Badan Kehormatan DPR.

Ketua BK DPR, M. Prakosa, mengaku belum mengetahui rencana Nurpati tersebut. Namun ia mempersilakan Nurpati apabila hendak melaporkan Panja ke BK. “Saya belum dengar hal itu. Apapun, silakan saja laporkan pada kami. Akan kami tindaklanjuti apabila ada bukti awal,” kata Prakosa kepada VIVAnews, Selasa, 19 Juni 2011.

Prakosa menjelaskan, BK DPR tidak memilah-milah jenis pengaduan yang masuk kepada mereka. “Pengaduan apapun kami terima,” tegas politisi PDIP. Nurpati menilai, pernyataan para anggota Panja Mafia Pemilu di luar sidang, sangat menyudutkan dirinya.

Pimpinan Panja sendiri menanggapi santai ancaman Nurpati. “Silakan saja. Itu hak orang. Yang penting hormati aturan hukum kita. Tidak usah repot-repot. Yang penting tugas dan kepentingan rakyat kita jalankan,” kata Ketua Panja, Chairuman Harahap.

Lebih lanjut, Wakil Ketua Panja Ganjar Pranowo meminta Nurpati untuk mengecek dulu aturan perundang-undangan sebelum mengancam mengguggat mereka. “Andi Nurpati nggak ngerti aturan. Kami berhak vokal dan punya imunitas, apalagi di ruang sidang. Seluruh omongan kami tidak bisa dituntut,” tegas Ganjar.

Imunitas anggota DPR tercantum dalam UU No. 27 Tahun 2009 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD. Dalam UU itu disebutkan, anggota DPR tidak dapat dituntut di depan pengadilan karena pernyataan, pertanyaan, dan/atau pendapat yang dikemukakannya baik secara lisan maupun tertulis di dalam rapat DPR ataupun di luar rapat DPR yang berkaitan dengan fungsi serta tugas dan kewenangan DPR.

Chairuman menegaskan, Panja tidak berniat berlindung di balik imunitas tersebut. “Kami tidak berlindung di balik itu. Tapi anggota DPR punya kekebalan. Nurpati fokus saja dengan apa yang harus ia pertanggungjawabkan,” kata dia. (eh)

Mitsubishi Pamer Mobil Compact SUV Baru
Serangan di Gaza Palestina

Kepala Hak Asasi Manusia PBB Kutuk Serangan Terbaru Israel ke Gaza

Kepala hak asasi manusia PBB pada hari Selasa 24, April 2024 mengecam serangkaian serangan terbaru Israel di Gaza yang menewaskan sebagian besar perempuan dan anak -anak.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024