Tarif Parkir di Jakarta Paling Murah di Asia

Lokasi parkir di salah satu wilayah Jakarta. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • Antara/Widodo S

VIVAnews - Meski sempat dinilai sebagai salah satu kota termahal bagi ekspatriat, Jakarta ternyata memiliki tarif parkir terendah di kawasan Asia Tenggara. Tarif parkir di kawasan pusat bisnis Jakarta tercatat Rp9.186 atau setara US$0,92 untuk tarif harian dan Rp275,58 ribu (US$27,56) untuk bulanan.

"Tarif parkir di beberapa gedung kawasan pusat bisnis Jakarta tersebut naik tipis sebesar rata-rata 5 persen dibanding tahun lalu," tulis hasil survei Colliers Internationals bertajuk Colliers International's Global Parking Rate Survey 2011 yang diterima VIVAnews.com di Jakarta, Rabu 20 Juli 2011.

Menurut laporan itu, beberapa area di kawasan pusat bisnis Jakarta, menaikkan tarif parkirnya untuk menyesuaikan dengan besarnya biaya operasional.

Di kawasan Asia Tenggara, Singapura menduduki peringkat pertama dengan tarif sebesar SGD278,20 atau setara US$225,04. Disusul Bangkok, Thailand, dengan tarif THB2.500 (US$82,5), dan Manila, Filipina sebesar PHP2.460 (US$56,83) untuk tarif bulanan.

Tingginya tarif parkir di Singapura, secara umum disebabkan oleh tingginya biaya operasional, terutama untuk listrik, perawatan, dan retribusi di kawasan tersebut.

Di kawasan Asia, tarif parkir bulanan di Hong Kong kembali menjadi yang tertinggi, disusul Tokyo. Per Juni 2011, tarif parkir di Hong Kong mencapai US$744,72, sedangkan Tokyo US$744.

Sementara itu, untuk tarif parkir terendah di kawasan ini dipegang oleh Mumbai, India sebesar US$27,5 per bulan untuk tarif bulanan dan Jakarta US$0,92 per bulan untuk tarif harian.

Survei Colliers International itu mencakup 156 kawasan pusat bisnis di seluruh dunia. Berdasarkan survei itu, tarif parkir harian maupun bulanan secara umum naik dalam setahun terakhir.

Dalam peringkat sepuluh besar, tidak ada satu kawasan yang mendominasi hasil survei tahun ini, dengan Amerika Utara, Eropa, dan Asia Pasifik diwakili oleh beberapa kota.

Syamsuddin Haris Heran Albertina Ho Dilaporkan ke Dewas, Sindir Dugaan Etik Nurul Ghufron

Walaupun kawasan Amerika Selatan tidak tercatat di peringkat sepuluh besar, hasil survei pada seluruh kota di kawasan tersebut menunjukkan peningkatan sebesar dua digit untuk tarif parkir baik harian maupun bulanan.

Tarif parkir di London kembali berada di peringkat pertama dunia dengan selisih signifikan sebesar 25-35 persen dibanding empat tahun terakhir. Tarif parkir bulanan untuk kawasan London-City mencapai US$1.083,59 dan di London-West End (US$1.014,32). (eh)

Pisces

4 Tanda Zodiak Paling Sederhana dan Humble, Apakah Kamu Termasuk dalam Daftar Ini?

Ada beberapa tanda zodiak yang dikenal karena sifat-sifat sederhana dan kerendahan hati yang membuat mereka menonjol di antara yang lain. Salah satunya yaitu Virgo.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024