Hatta: Tambahan Anggaran Subsidi BBM Tepat

Hatta Rajasa memegang kening
Sumber :
  • Antara/ Prasetyo Utomo

VIVAnews - Menteri Perekonomian Hatta Rajasa menilai angka yang tertuang dalam APBN-P 2011 sudah sesuai kebutuhan. Meningkatnya anggaran subsidi untuk Bahan Bakar Minyak (BBM) dinilai merupakan pilihan yang tepat.

Menurutnya pilihan pemerintah untuk menambah anggaran subsidi BBM di tengah tingginya harga minyak merupakan kebijakan untuk mencegah timbulnya efek sosial lainnya.

"Karena kita tidak ingin justru menimbulkan efek lain misalnya inflasi yang mengakibatkan kemiskinan," ujarnya saat ditemui di kantornya, di Jakarta, Jumat, 22 Juli 2011.

Anggaran subsidi BBM ini, diakuinya memang dapat menutup peluang pembangunan sektor lain seperti infrastruktur yang merupakan salah satu pilar pembangunan nasional. "Kita kehilangan peluang untuk membangun infrastruktur dari dana yang tersedot besar untuk subsidi. Tapi itu pilihan kita," tuturnya.

Sebelumnya, DPR menganggarkan belanja pemerintah pada 2011 yang semakin besar. Dari rencana awal sebesar Rp1.229,56 triliun, belanja pemerintah tahun ini naik Rp91,19 triliun menjadi Rp1.320,75 triliun. Jumlah anggaran untuk subsidi BBM sendiri dalam APBN-P 2011 adalah sebesar Rp592,08 miliar. (kd)

Bunyi Ceramah Khatib di Bantul yang Viral soal Pemilu Curang Picu Jemaah Salat Id Bubar
Tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting

Ginting Gagal Pertahankan Gelar, Jonatan Christie Satu-satunya Wakil Indonesia di Semifinal BAC 2024

Jonatan Christie menjadi satu-satunya wakil Indonesia di semifinal Badminton Asia Championships (BAC) 2024. Tiga wakil Indonesia lainnya mengalami kekalahan.

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024