Patrialis: Ada Perkiraan di Mana Nazaruddin

Mohammad Nazaruddin memberikan keterangan pers.
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu

VIVAnews - Rute pelarian Muhammad Nazaruddin makin tak bisa ditebak. Setelah dikabarkan berada di Singapura, Vietnam, dan China, eks Bendahara Umum Partai Demokrat itu belakangan dikabarkan berada di Argentina atau kawasan Amerika Latin lainnya.

Dugaan Nazar sempat berada di negeri 'Tango' itu terkuak dari pengakuan Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat, Ahmad Mubarok yang mengaku pihaknya dibantu Polri melacak lokasi wawancara langsung buron Interpol itu dengan salah satu televisi nasional.

Lalu, bagaimana perkembangan pencarian yang dilakukan pihak Imigrasi? Saat dikonfirmasi, Menteri Hukum dan HAM, Patrialis Akbar mengaku pihaknya belum dapat memastikan keberadaan Nazarudin di negara Amerika Latin.

Namun, petunjuk telah didapatkan. "Begini, insya Allah mudah-mudahan, dalam waktu dekat ini, dari Mabes Polri bersama dengan Imigrasi dengan AHU (Administrasi Hukum Umum) dari Kemenkumham akan mendatangi tempat-tempat tertentu," ujar Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar di Kantor Kementerian di Jakarta 25 Juli 2011.

Patrialis mengaku sudah mendeteksi keberadaan Nazarudin dan akan segera menyambangi tempat tersebut, namun demikian mantan politisi PAN itu enggan berkomentar terkait tempat-tempat yang akan disambangi pemerintah itu. "Sudah, perkiraannya ada di mana, tapi kami tentu tidak bisa mengatakan," kata dia. "Yang jelas kami sudah koordinasi dengan Mabes Polri dan kami mau mendatangi langsung," imbuhnya.

Sebelumnya, politisi Demokrat Roy suryo mengaku mengetahui keberadaan Nazaruddin. Kata dia, Nazaruddin tak ada di Argentina, meski ia di Amerika Latin.

"Semenjak wawancara sebelumnya dengan Metro TV (dengan Zelda Savitri), lokasi keberadaan Nazaruddin memang memiliki perbedaan waktu -12 jam dari Indonesia," ujarnya melalui BlackBerry Messenger kepada VIVAnews.com di Jakarta, Sabtu 23 Juli 2011. Dia menambahkan, Rabu malam lalu (20 Juli 2011) keberadaan Nazaruddin sebenarnya sudah diketahui. (eh)

Luar Dalam Bulan Akhirnya Terkuak
Toyota Starlet

Toyota Starlet Bakal Dihidupkan Lagi sebagai Mobil Listrik, Begini Tampangnya?

Mobil hatchback legendaris Toyota Starlet dikabarkan akan kembali dihidupkan kembali. Namun, kabarnya pabrikan asal Jepang itu akan jadikan Starlet sebagai mobil listrik.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024