Diet Sehat Usir Selulit

Selulit
Sumber :
  • ESC

VIVAnews - Selulit adalah musuh sebagian besar wanita. Guratan putih yang biasa muncul di bagian bokong, perut, dan betis, itu dianggap sesuatu yang bisa mengurangi kecantikan.

Selulit merupakan kumpulan lemak yang mengembangkan dan mendorong jaringan ikat kulit, sehingga penampilan kulit terlihat seperti lapisan parut. Meskipun tidak ada obat permanen untuk selulit, setidaknya ada tips yang membantu melawan selulit, seperti dikutip dari laman The Sun.

Amanda Ursel dan Nicki Waterman, ahli gizi dan kebugaran, merekomendasikan diet sehat untuk memerangi selulit. "Berdasar pengalaman kami, jika Anda kelebihan berat badan, lalu berhasil menurunkan berat badan, tidak membantu memerangi selulit . Tetapi, jika selulit ingin tak terlihat harus selalu dibantu oleh pembakaran lemak,” kata mereka.

Amanda dan Nicki pun memberikan tips memerangi selulit:

1. Jaga asupan garam
Hindari konsumsi garam lebih dari 3 gram per hari. Kelebihan garam menyebabkan selulit tampak lebih jelas karena kandungan natrium akan membuat tubuh rentan menahan cairan. Untuk itu, minimalkan konsumsi makanan olahan untuk mengurangi asupan garam. Sebab, sekitar 75 persen asupan garam berasal dari makanan olahan.

2. Konsumsi buah dan sayur
Coba makan buah dan sayur setidaknya lima kali dalam sehari. Buah dan sayur kaya akan potasium yang membantu ginjal membuang kelebihan air dari tubuh dan mengurangi retensi cairan.

3. Asupan kaya protein
Pastikan Anda mengkonsumsi makanan kaya protein seperti telur, ikan, ayam, kalkun, daging merah tanpa lemak, tahu, susu, susu kedelai setiap kali makan. Protein sangat penting untuk menguatkan jaringan ikat dan meningkatkan kesehatan kulit. Jika kekurangan protein, selulit yang bersembunyi di bawah permukaan kulit menjadi lebih terlihat.

4. Makanan kaya omega 3
Jangan lupa konsumsi ikan seperti salmon, makarel dan sarden secara teratur, termasuk makanan kaya omega 3 lainnya seperti telur. Lemak esensial dari omega 3 mampu meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Asupan omega 3 dapat meningkatkan kualitas jaringan ikat dan kulit sehingga bisa menyamarkan selulit.

5. Krim mengandung kafein
Beberapa krim dan lotion juga efektif membantu mengurangi selulit, terutama yang mengandung kafein. Top Model Cindy Crawford bahkan selalu menggosokkan kopi ke kakinya dan sebagian besar bagian bawah tubuhnya untuk menangkal selulit.

Maju Pilkada Kalsel 2024, Pasangan Muhidin-Hasnur Kantongi Restu Haji Isam
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto bersama Menlu Singapura Vivian Balakrishna

Menko Airlangga Bertemu Menlu Singapura, Optimis Kerja Sama Bilateral Kedua Negara Terjalin Kuat

Kedua Menteri tersebut optimis bahwa hubungan ekonomi Indonesia Singapura terus terjalin kuat melalui berbagai kerja sama bilateral yang potensial.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024