Menhub Minta Pilot Garuda Batalkan Mogok

Menteri Perhubungan, Freddy Numberi
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Menteri Perhubungan (Menhub) Freddy Numberi meminta agar rencana pilot Garuda Indonesia mogok kerja pada 28 Juli 2011 mendatang dibatalkan, karena akan menghambat penerbangan nasional.

"Kami minta agar jangan sampai ada pemogokan, hingga menghambat penerbangan nasional," ujar Freddy di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Senin 25 Juli 2011.

Menurut Freddy, memang terjadi friksi gaji antara gaji pilot Indonesia dengan pilot asing di dalam maskapai penerbangan tersebut. Namun hal itu, merupakan masalah internal Garuda Indonesia dan harus diselesaikan secara internal.

Garuda Indonesia, lanjutnya, merupakan perusahaan milik pemerintah (BUMN) sehingga ia sebagai Menhub menghimbau agar pilot tetap bekerja keras. "Bisa malu Indonesia kalau mogok," ujar Freddy.

Freddy mengaku Kementerian Perhubungan menaruh perhatian khusus terhadap kasus pilot Garuda Indonesia ini, sehingga ia terus memantau perkembangan masalah ini hari per hari. Apalagi, ancaman mogok pilot mendekati masa Puasa dan Lebaran, di mana terjadi lonjakan penumpang yang tinggi.

Sementara itu, Dirjen Perhubungan Udara Herry Bhakti mengatakan, masalah pilot Garuda Indonesia dengan manajemen merupakan masalah global. Sebab, krisis pasokan pilot tidak hanya dialami oleh Indonesia, melainkan berbagai maskapai penerbangan di dunia.

Hak untuk mogok kerja, lanjut Herry, merupakan hak yang dilindungi. Namun, ia meminta agar kasus ini tidak berlarut-larut. Kementerian Perhubungan telah menginstruksikan kepada manajemen Garuda Indonesia agar menyelesaikan masalah gaji secara internal. (umi)

Terkuak, Identitas Mayat Dalam Koper Hitam di Cikarang Bekasi
Alca Octaviani dan Bintang Emon

Istri Bintang Emon Positif Narkoba Gegara Hal Ini

Melalui akun Instagram pribadinya, Bintang Emon mengungkapkan bahwa sang istri positif narkoba. Sontak saja, hal itu langsung membuat sang komika hingga publik terkejut.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024