Railbus ‘Batara Kresna’ Solo Dioperasikan

Railbus di Solo
Sumber :
  • VIVAnews/Fajar Sodiq

VIVAnews - Kemacetan Solo belum separah Jakarta, namun pemerintah kota ini punya inovasi, menghadirkan moda transportasi alternatif untuk melancarkan mobilitas warga. Yakni railbus yang diberi nama 'Batara Kresna'. Jurusan Solo-Wonogiri.

Selain menghindari kemacetan, railbus produksi PT INKA juga menjadi wisata andalan kota Solo. Setelah diuji coba, hari ini, pengoperasian railbus ini diresmikan oleh Menteri Perhubungan, Freddy Numberi.

PDIP Minta Penetapan Prabowo Ditunda karena Gugatan di PTUN, KPU Tegaskan Ini

Peresmian pengoperasian railbus tersebut dipusatkan di perlintasan rel kereta api depan rumah dinas walikota Solo, Loji Gandrung. Sejak pagi hari masyarakat telah menyemut dan melihat dari dekat moda transportasi kereta api milik Pemerintah Kota Solo yang merupakan hibah dari Kementerian Perhubungan.

Menteri Perhubungan Freddy Numberi mengatakan, pengoperasian railbus itu menjadi salah satu wujud komitmen pemerintah untuk memenuhi jasa pemenuhunan transportasi masal. “Pengoperasian raibus ini akan meningkatkan perekonomian warga Solo dan sekitarnya. Railbus tersebut juga mendukung sektor pariwisata Solo,” kata dia, Selasa, 26 Juli 2011.

Lebih lanjut, Freddy menambahkan pariwisata di Solo mempunyai sejarah sendiri yang unik dan bagus. Karena satu-satunya perlintasan rel kereta api yang berdampingan dengan jalan raya. “Hanya ada di Solo. Jadi, saya percaya Solo bisa mengembangkan potensi pariwisata railbus ini,” tuturnya.

Sebelum diresmikan, pengoperasian railbus tersebut telah melakukan beberapa uji coba melintasi Kota Solo.

Nama tokoh pewayangan, 'Batara Kresna' sengaja dipilih. “Dalam dunia pewayangan, Batara Kresna selalu lekat dengan pemberi keadilan dan membahagiakan orang lain. Sehingga keberadaan railbus ini saya harapkan bisa bermanfaat bagi masyarakat Solo dan sekitarnya,” paparnya.

Sementara itu, Walikota Solo, Joko Widodo mengatakan pemberian railbus kepada Pemerintah Kota Solo diharapkan bisa bermanfaat dan berguna bagi masyarakat Solo Raya maupun Surakarta dan sekitarnya. “Moda transportasi masal ini diharapkan bisa  melayani kebutuhan transportai masyarakat untuk 30 tahun ke depan,” harapnya.

Film Tuhan Izinkan Aku Berdosa Umumkan Tanggal Tayang

Setelah kain putih yang menyelimuti railbus tersebut dibuka, selanjutnya Menteri Perhubungan didampingi, Dirjen Perkeretapian dan Walikota Solo langsung memecah kendi di bagian depan railbus. Pemecahan kendi dan pengguntingan pita tersebut menjadi tanda dioperasikannya railbus Barata Kresna tersebut. (Laporan Fajar Sodiq| Solo)

Railbus dan bus tingkat di Kota Solo

Bertemu Pelayanan Imigrasi Kementerian Kehakiman, Kemnaker Berharap Banyak Peserta SSW di Jepang
Ilustrasi biji Kopi.

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

Bagi banyak orang, kopi adalah minuman wajib untuk memulai hari. Rasanya yang khas dan efek kafeinnya dapat membantu meningkatkan fokus dan kewaspadaan.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024