Mencuat Ide Pembentukan Panja Mafia Anggaran

Fadli Zon.
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Priyo Budi Santoso mendukung wacana pembentukan Panitia Kerja (Panja) Mafia Anggaran. Menurut Priyo, partainya, Golkar, juga akan mendukung bila gagasan itu direalisasikan.

"Kalau ada prakarsa ke sana tidak perlu dicegah dan saya mendorongnya," kata Priyo. "Kalau memang perlu, dibentuk Panja yang khusus untuk menangani masalah mafia anggaran, Golkar akan dukung," kata Ketua DPP Partai Golkar itu di Jakarta, Selasa, 26 Juli 2011.

Menurutnya, kalau pun Panja itu bakal mendalami dugaan adanya mafia anggaran di Badan Anggaran DPR, maka "sebagai pimpinan Dewan, saya ikut mendorong, silakan."  

Menurut Priyo, pemerintah maupun DPR harus membenahi pembahasan dan pengelolaan anggaran negara. "Intinya kita mau enggak berbenah? Jawabnya harus mau."

Ketua DPR Marzuki Alie juga menyatakan persetujuannya bila dibentuk Panja Mafia Anggaran. "Mendukung," kata Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat itu.

Penampilan Makin Sopan, Nikita Mirzani Ternyata Diawasi Rizky Irmansyah

Usul pembentukan Panja ini muncul dari Partai Gerakan Indonesia Raya. Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon menilai kasus Nazaruddin menunjukkan betapa banyak titik kebocoran anggaran dalam proyek pemerintah. Menurutnya, kebocoran anggaran sudah seperti fenomena gunung es.

"Kita melihat bahwa apa yang terjadi, hampir di semua titik potensi kebocoran itu ada. Kita melihat kasus Nazaruddin ini puncak dari gunung es. Itu yang baru kelihatan, yang tidak kelihatan jauh lebih besar, dan itu sudah sistemik, berjalan tidak hanya periode ini saja," kata Fadli.

Menurut Fadli, Gerindra akan mengupayakan agar DPR segera membentuk Panja ini. "Kalau ini bergulir, saya rasa bisa terbentuk dengan cepat. Saya kira ini sangat diharapkan oleh masyarakat," katanya. "Nantinya akan diajak bicara dengan fraksi-fraksi lain. Kami meminta kepada kawan-kawan di Fraksi Gerindra untuk melakukan lobi."

Toh demikian, Gerindra meminta partai besar yang menendang bola pertama kali. "Kami kan bukan partai yang besar, lebih baik (usulan itu) dari partai yang jumlah anggotanya lebih besar. Tapi tentunya kami akan ikut berpartisipasi kalau ada Panja Mafia Anggaran." (kd)

Sidang Sengketa Pilpres di MK, Bawaslu Sebut Jokowi Bagi-bagi Bansos Tak Langgar Netralitas
Toko Alat Musik

Ekspansi Perusahaan Musik Terkemuka Asia Tenggara Diresmikan di Indonesia

Tujuan dari ekspansi ini adalah untuk meningkatkan pengalaman musik bagi para musisi di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024