Berapa Gaji Pilot Asing Garuda?

Konferensi Pers Aksi Mogok Garuda
Sumber :
  • Garuda Indonesia

VIVAnews - Sebagian pilot PT Garuda Indonesia Tbk akan melakukan aksi mogok terbang pada Kamis, 28 Juli 2011. Aksi mogok itu dilatarbelakangi tuntutan adanya perbedaan gaji pilot lokal dengan asing.

Direktur Operasi Garuda Indonesia, Ari Sapari, menjelaskan, status pilot asing di Garuda hanya bersifat kontrak dengan perjanjian kerja selama 12 bulan. Selama masa kerja tersebut, pilot asing tersebut menerima pendapatan dalam mata uang dolar Amerika Serikat.

Garuda mulai merekrut penerbang asing sejak Oktober 2010, dan telah dilakukan sosialisasi sejak Januari 2011. Saat ini, Garuda mempekerjakan 43 pilot kontrak dan 34 di antaranya adalah pilot asing.

Satgas Pangan Polri: Pasar Murah Harus Digencarkan Jelang Lebaran di Kalteng

Dari 43 pilot kontrak, 36 pilot akan berakhir masa kontraknya pada pada Oktober-November 2011, dan sisanya 7 pilot akan berakhir pada Februari 2012. 

Pilot asing hanya menerima gaji tanpa tunjangan lain seperti jaminan kesehatan maupun asuransi pekerja dari PT Jamsostek (Persero). Jaminan lain yang tidak diterima pilot asing adalah personal accident serta tunjangan pensiunan masa bakti.

Sementara itu, para pilot lokal selama setahun setidaknya mendapat gaji sebanyak 15 kali. Selain gaji selama 12 bulan, tambahan gaji para penerbang Garuda diperoleh dari tunjangan hari raya (THR), tunjangan setiap memasuki pendidikan baru, insentif akhir tahun, serta pesangon cuti tahunan dengan besaran setengah dari gaji.

Perdana Jajal Action di Film Horor Marni The Story of Wewe Gombel, Frislly Herlind Rasakan Hal Ini

Garuda memberikan alternatif kepada penerbang yang saat ini berstatus pegawai tetap dapat mengajukan menjadi pilot dengan status kontrak.

Berikut ilustrasi simulasi penggajian penerbang Garuda:

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita Minta Rp100 Juta Ditangkap
                                                                            Penerbang Lokal          Penerbang Asing          
Gaji Rp47,7 juta per bulanUS$8.100 setara Rp68,8 juta/bulan
Flight AllowanceRp10 juta (asumsi 60 jam terbang)(Tidak dapat, karena termasuk di gaji, produksi 80 jam terbang)
Benefit Cash (TT, THR, Insentif/Bonus)3,5 x gaji/tahun atau Rp13,9 juta/bulan       -
Total Penerimaan per bulan Rp71 jutaRp68,8 juta
Total Penerimaan per tahun Rp860 jutaRp826 juta
Benefit/Non Cash                               Benefit Allowance, Personal Accident, Assurance, Lost of Flying, Iuran Pensiun, Jamsostek, Kesehatan, Pensiun, Penghargaan Masa Kerja 20 tahun, Penghargaan PensiunRp12,3 juta/bulanRp2,25 juta/bulan
Housing AllowanceUS$1.200 atau setara Rp10 juta/bulan

(art)

Kemenkominfo gelar nobar webinar

Kemenkominfo Mengadakan Kegiatan Webinar "Hak dan Tanggung Jawab di Ruang Digital"

Kemenkominfo mengadakan kegiatan webinar “Hak dan Tanggung Jawab di Ruang Digital” dalam rangka meningkatkan literasi digital 50 juta masyarakat Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024