Celana Sutra Atasi Infeksi Organ Intim

Menenun kain sutra di Kediri
Sumber :
  • Antara/ Arief Priyono

VIVAnews - Kain sutra sejak lama telah jadi bahan baku industri garmen yang menjanjikan. Bukan hanya teksturnya yang sangat lembut di kulit, sutra juga bisa menunjukkan status sosial pemakainya. Namun, ada manfaat lain yang mungkin belum Anda tahu.

Seperti dilansir dari laman Times of India, penelitian tim University of Bologna, Italia, mengungkap bahwa bahan sutra bisa meringankan gejala menopause dan bermanfaat menyembuhkan sariawan berulang pada vagina. Ini diketahui melalui penelitian klinis, double blind.

Dari penelitian diketahui bahwa berbagai pakaian sutra secara signifikan mampu mengurangi rasa gatal dan kemerahan yang dapat menimbulkan sariawan pada vagina secara berulang.

Kondisi itu biasanya akibat infeksi jamur yang umum dialami wanita dan memengaruhi tiga dari empat wanita di waktu tertentu kehidupan mereka. Satu dari 20 wanita cenderung akan mengalami penyakit ini secara berulang lebih dari empat kali setahun.
 
Tim peneliti melakukan penelitian dengan metode wawancara. Mereka meminta setengah wanita dalam percobaan untuk mencoba DermaSilk Intimo. Yaitu celana yang terbuat dari kain sutra khusus yang dikembangkan oleh perusahaan Alpretec Italia.
 
Setelah enam bulan, sekitar 90 persen dari kelompok wanita yang memakai sutra mengalami penurunan gejala dan kambuhnya infeksi berangsur-angsur hilang. Infeksi tersebut biasanya dipicu oleh Candida albicans, jamur yang menyebabkan sariawan di daerah organ intim wanita. Jamur tersebut memang tumbuh subur dalam kondisi yang lembab.

Celana terbuat dari fibroin, sutra medis berkelas ini mampu menyerap kelembaban yang berlebihan. Celana ini juga diresapi dengan antimikroba yang membunuh berbagai bakteri dan jamur, termasuk Candida albicans dan efek kerjanya tidak akan luntur meski dicuci berulang kali.
 
Selain itu, bahan sutra berkualitas juga diklaim bermanfaat mempercantik kulit, sebagai antipenuaan. Ada beberapa bukti ilmiah sejak hampir 20 tahun yang menjelaskan manfaat sutra pada kulit.

Ilmuwan Swiss pernah menerbitkan penelitian dalam Cosmetics and Toiletries Journal bahwa sericin, protein sutra, dapat menghasilkan keratin atau protein dalam kulit dan rambut yang membentuk "homogeneous protective film”. Ini menunjukkan sutra dapat membentuk lapisan penghalang, membantu mempertahankan kelembaban dan mungkin memiliki efek antipenuaan.

Prediksi Premier League: Fulham vs Liverpool

Meski demikian tidak ada penelitian lain yang mendukung penelitian ini. Termasuk fakta substansial yang menunjukkan bahwa sutra dapat membantu wanita mengelola menopause, melawan penuaan dan mampu mencegah timbulnya sariawan vagina. (pie)

VIVA Militer: Serangan rudal Iran menghantam pangkalan udara militer Israel

Pemerintah Harus Antisipasi Kebijakan Ekonomi-Politik Imbas Perang Iran-Israel

Serangan mengejutkan dari Iran sebagai balasan terhadap Israel yang menyerang pangkalan militer Iran di Damaskus, Suriah, membuat dunia terkejut sekaligus meningkatkan es

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024