Ribuan Layang-layang Hiasi Langit Bali

Festival Layang-Layang
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews – Bali kembali menggelar Festival Layang-layang Pelangi yang dihelat selama tiga hari, mulai 29-31 Juli 2011, di Pantai Padanggalak, Sanur, Denpasar. Hari ini, hari pertama berjalannya festival, tampak meriah. Lebih dari seribu layang-layang menghiasi langit Bali.

Layang-layang itu terdiri dari berbagai jenis dan ukuran. Total ada sekitar 1.080 layang-layang yang diterbangkan secara serentak. Animo publik Bali untuk memeriahkan hajatan tahunan ini memang cukup tinggi. Peserta festival layang-layang tahun ini meningkat sekitar 800 orang dibanding peserta tahun 2010 lalu.

Dari ribuan peserta yang terdaftar, 173 di antaranya merupakan anak-anak. “Sebuah kebanggaan bagi Bali karena tahun ini mampu melibatkan ribuan peserta. Kebanyakan peserta adalah anak-anak muda. Ini tingkat partisipasi yang luar biasa,” ujar Ketua Panitia Festival, I Gusti Putu Rai Andayana, di Denpasar, Jumat 29 Juli 2011.

Panitia berharap, peserta mampu menampilkan layang-layang dengan kecanggihan dan inovasi tinggi. Festival layang-layang kali ini memang mencoba memadukan layang-layang tradisional dengan teknologi. “Kami berharap ada inovasi baru. Selain tradisi yang patut dipertahankan, kami berharap kreasi inovatif layang-layang modern terus berkembang,” kata Andayana.

Perlombaan pada festival kali ini, jelasnya, terbagi menjadi dua kategori, yakni layang-layang tradisional dan layang-layang kreasi. Bagi pemenang, panitia telah menyiapkan hadiah berupa uang puluhan juta rupiah, piagam dan tropi. “Juara satu akan mendapatkan hadiah uang sebesar Rp5 juta, disertai piagam dan trofi,” kata Andayana. (umi)

Laporan: Bobby Andalan | Bali

Mekanisme Sidang Sengketa Pileg 2024, MK Bagi 3 Panel Hakim
Kemenkominfo menyelenggarakan kegiatan chip in literasi digital

Kemenkominfo Gelar Kegiatan Chip In "Menjadi Warga Digital yang Cakap, Beretika dan Berdaya"

Kemenkominfo menyelenggarakan kegiatan chip in Literasi Digital dengan mengusung tema “Menjadi Warga Digital yang Cakap, Beretika dan Berdaya”.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024