Potensi Zakat DIY-Jateng Capai Rp13 Triliun

Zakat Mal dari Bupati Bantul
Sumber :
  • VIVAnews/Kinaransih

VIVAnews – Potensi zakat infaq masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta mencapai Rp7 triliun, sedangkan masyarakat Jawa Tengah, khususnya Semarang dan Surakarta, mencapai sekitar Rp6 triliun. Total potensi zakat infaq di kedua provinsi tersebut pun mencapai Rp13,28 triliun.

“Secara nasional, potensi zakat infaq diperkirakan mencapai Rp217 triliun,” kata Muhammad Zahron, Humas Rumah Zakat Cabang Yogyakarta, Jumat 29 Juli 2011. Ia menjelaskan, meski potensi zakat infaq masyarakat Yogyakarta mencapai Rp7 triliun, namun dalam satu semester, potensi itu baru terserap sebanyak Rp2,14 miliar.

“Jika digabung dengan zakat infaq wilayah Semarang dan Surakarta, maka saat ini mencapai Rp 4,03 miliar,” ujar Zahron. Menurutnya, zakat infaq senilai Rp4,03 miliar tersebut diperoleh dari para muzakki (orang berzakat) sebanyak 1.594 orang, dan satu korporasi yaitu Bank Pembangunan DIY.

“Zakat infaq yang terkumpul itu sudah kita salurkan sebesar Rp1,9 miliar untuk 21.117 orang penerima zakat pada semester pertama 2011,” jelas Zahron. Penyaluran tersebut, lanjutnya, sebagian besar ditujukan untuk sektor kesehatan melaui program ‘Senyum Sehat’ sebesar Rp1,094 miliar, sektor pendidikan melalui program ‘Senyum Juara’ sebesar Rp459 juta, dan untuk sektor pemberdayaan ekonomi perempuan melalui program ‘Senyum Mandiri’ sebesar Rp 345 juta.

“Tahun ini kami menargetkan perolehan zakat sebesar Rp10 miliar untuk DIY, Rp6,6 miliar untuk Semarang, dan Rp3,5 miliar untuk Surakarta,” papar Zahron.

Sementara itu, Listanto, Manajer Rumah Zakat DIY, mengemukakan bahwa Rumah Zakat DIY mempunyai daerah-daerah binaan untuk mendidik anak-anak dan memberdayakan ekonomi keluarga. “Pada Ramadhan 1432 besok juga akan kami selenggarakan banyak program, antara lain berbuka puasa, kado lebaran, dan bingkisan untuk orang lanjut usia,” terangnya.

Berbagai program tersebut akan digelar di 13 kecamatan binaan Rumah Zakat. Zakat infaq yang akan disalurkan berupa 3.526 paket buka puasa, 564 paket kado lebaran yatim, 321 paket usia lanjut dan 174 paket syiar Alquran. (ren)

Laporan: Juna Sanbawa | Yogyakarta

So Sweet! Ngaku Cinta Sejati, Onad dan Beby Sepakat Gak Nikah Lagi Kalau Salah Satu Meninggal
Presiden Iran, Ebrahim Raisi

4 Serangan Brutal Iran dalam Operasi Janji Sejati untuk Menumpas Israel dan Sekutunya

Iran telah melakukan serangan balasan terhadap Israel yang sudah melakukan serangan terhadap konsulat Iran di Damaskus pada 1 April 2024 lalu yang menewaskan banyak orang

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024