PNS Telat Saat Puasa, Kepala Dinas Disanksi

PNS di Bojonegoro.
Sumber :
  • Surabaya Post / Subekti

VIVAnews – Kepala Badan Kepegawaian Daerah Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Maman Permana, menyatakan bahwa kepala Dinas atau kepala Instansi akan diberi sanksi jika ada bawahannya yang telat masuk kerja atau membolos saat bulan puasa.

Menurut Maman, sanksi tersebut akan diberikan sesuai dengan aturan yang ada. “Sanksi tidak saja diberikan kepada Pegawai Negeri Sipil yang ketahuan telat masuk kerja atau membolos di jam kerja, namun juga kepada kepala dinas atau kepala instansi,” kata Maman di Bantul, Senin 1 Agustus 2011.

Maman menyatakan, kepala dinas atau kepala instansi mempunyai wewenang untuk mengawasi kinerja para pegawainya. Wewenang itu bersifat melekat, sehingga PNS yang membolos atau telat masuk kerja menjadi tanggung jawab kepala dinas atau instansi tempat PNS itu bekerja.

“Sanksi yang diberikan akan disesuaikan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010. Jadi jika pegawai bawahannya melakukan kesalahan, maka pimpinannya juga bisa dikenai sanksi,” ujar Maman.

Maman menyatakan, hari ini yang merupakan hari pertama di bulan puasa, tidak ditemukan kasus PNS telat kerja. Ketidakdisiplinan yang sering terjadi, katanya, adalah di saat libur panjang lebaran. Para PNS biasanya tidak masuk kerja sesuai dengan hari dan tanggal yang telah ditentukan.

“Biasanya pelanggaran terjadi pada hari pertama masuk kerja usai libur panjang lebaran,” tutur Maman. Meski PNS Bantul tidak terlambat masuk kantor, namun keterlambatan justru ditemui di DPRD Kabupaten Bantul yang hari ini menggelar rapat paripurna tentang RAPBD Perubahan Tahun 2011.

Rapat yang seharusnya digelar pukul 09.00 WIB baru dapat dilaksanakan pada pukul 10.30 WIB. “Molor  satu jam lebih,” kata Suratman, anggota Fraksi PDIP DPRD Kabupaten Bantul. Suratman menyatakan, rapat paripurna diundur untuk menunggu anggota lain, demi terpenuhinya kuorum.

Namun Suratman menjelaskan, rapat paripurna yang terlambat dimulai itu bukan karena bulan puasa. “Ini juga terjadi pada hari-hari lain di luar bulan puasa. Jadi bukan pertama kalinya,” kata dia. (eh)

Laporan: Juna Sanbawa | Yogyakarta

61 Kasus Flu Singapura Ditemukan di Surabaya, Kenali Gejala-gejalanya
Ayatollah Khamenei

Israel Serang Iran saat Pemimpin Tertingginya Ali Khamenei Ultah ke-85 Tahun

Israel dilaporkan menyerang balik Iran dengan misil saat Pemimpin Tertinggi Iran, Ali Khamenei merayakan ulang tahunnya yang ke-85.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024