Ini Lokasi Penukaran Uang Pecahan

Penukaran Uang Pecahan
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Hari Raya Idul Fitri memang masih 27 hari lagi, namun Bank Indonesia telah memulai kegiatan pelayanan penukaran uang bagi masyarakat yang membutuhkan uang pecahan.

"Kami juga melayani Serang sampai hari Kamis (4 Agustus 2011)," ujar Kepala Biro Hubungan Masyarakat BI, Difi A Johansyah, kepada VIVAnews.com, di Jakarta, Selasa, 2 Agustus 20011.

Dalam penjelasannya, BI menyiapkan tempat penukaran uang di sejumlah lokasi di Jakarta. Sedikitnya terdapat 9 lokasi yang dipilih bank sentral untuk menangani layanan penukaran uang.

Untuk masyarakat yang berlokasi di sekitar Jakarta Pusat, BI menyediakan layanan penukaran uang di kawasan Monas, Gambir, Senen, dan pusat perbelanjaan ITC Cempaka Mas. Sementara itu, di wilayah Jakarta Timur, tempat penukaran uang bisa ditemukan di Inkopau Cakung dan Jatinegara.

Sementara itu, untuk wilayah Jakarta Barat dan Jakarta Selatan, BI hanya menyediakan masing-masing satu unit layanan penukaran uang receh. Di wilayah Jakarta Barat, BI siap memberikan pelayanan di kawasan Stasiun Jakarta Kota.

Kasus DBD Melonjak Tajam di Jakarta, Dinkes DKI Ungkap Penyebabnya

Selanjutnya, Blok M Square dipilih sebagai lokasi pelayanan penukaran uang di wilayah selatan Jakarta.

Sebelumnya, BI mengungkapkan akan menambah pasokan persediaan uang menyambut hari raya lebaran. Tahun ini, BI menyediakan dana tunai Rp61 triliun atau naik dibanding tahun lalu sebesar Rp50 triliun.

Penambahan persediaan pasokan uang itu dilakukan untuk mengantisipasi pengiriman uang ke daerah dua bulan sebelum lebaran. Jangkauan pengiriman uang tahun ini juga diperlebar.

Difi mencontohkan, BI telah mengirimkan uang ke daerah perbatasan seperti Natuna, Kepulauan Riau melalui ekspedisi.

Sementara itu, BI juga bekerja sama dengan 11 bank dengan 300 kantor cabang. "Jadi, nanti nasabah maupun bukan nasabah bisa melakukan penukaran uang di sana," lanjutnya. (art)

Kendaraan melintas di kawasan perkebunan kelapa sawit PTPN VI, Sariak, Pasaman Barat, Sumatra Barat

Peremajaan Sawit Jauh dari Target, Airlangga: Hanya 50 Ribu Hektare per Tahun

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengungkapkan, Program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) realisasinya per tahun masih sedikit.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024