KPK Geledah Kemendiknas

Penggeledahan KPK
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak hanya menggeledah rumah milik Muhammad Nazaruddin. KPK juga menggeledah Kementerian Pendidikan Nasional.

"Penggeledahan terkait kasus dugaan korupsi di Kemendiknas," kata Kabag Pemberitaan dan Informasi KPK, Priharsa Nugraha, saat dihubungi VIVAnews.com, Selasa 2 Agustus 2011.

Menurut Priharsa, penggeledahan dilakukan sejak sekitar pukul 10.00. "Sampai sekarang masih berlangsung," ujarnya.

Dalam kasus korupsi ini, KPK sudah menetapkan mantan Inspektur Jenderal Kemendiknas, Muhammad Sofyan sebagai tersangka. Dia diduga melakukan tindak pidana korupsi pengelolaan anggaran Inspektorat Jenderal Kemendiknas tahun anggaran 2009.

KPK menyatakan, berdasarkan hasil penyelidikan, Sofyan diduga melakukan perbuatan melawan hukum dan penyalahgunaan wewenang dalam pengelolaan anggaran di Itjen Kemendiknas tahun anggaran 2009. Modusnya dengan cara melakukan pengeluaran atas bebas anggaran belanja negara untuk tujuan lain dari yang ditetapkan APBN dengan maksud memperkaya diri sendiri atau orang lain.

Selain itu, MS juga diduga telah mempertanggungjawabkan penggunaan anggaran yang tidak sesuai dengan realisasinya. Untuk itu negara kata Johan dirugikan sekitar Rp13 miliar.

MS dijerat dengan Pasal 2 Ayat (1) atau Pasal 3 UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dengan UU RI nomor 20 tahun 2001 tentang Perubahan atas UU nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat 1 ke 1 KUHP.

Terkait kasus Kemendiknas, KPK pernah memanggil bekas Bendahara Partai Demokrat, Muhammad Nazaruddin. Namun, Nazaruddin mangkir dari pemanggilan KPK. Saat ini, Nazaruddin yang tengah buron juga diduga terlibat kasus suap proyek wisma atlet. (umi)

Mengenal Empat Zaman yang Digambarkan dalam Ramalan Jayabaya
Ilustrasi gender atau jenis kelamin.

7 Negara yang Miliki Toilet Netral Gender di Dunia, Mayoritas di Asia!

Beberapa negara telah memulai pembangunan toilet gender netral sebagai upaya untuk menyediakan fasilitas yang inklusif bagi kelompok LGBTQ+. Toilet gender netral infonya.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024