PT DGI Siapkan Rp650 Juta untuk Alex Noerdin

Proyek Wisma Atlet untuk SEA Games di Jakabaring, Sumsel
Sumber :
  • Antara/ Nila Fu'adi

VIVAnews- PT Duta Graha Indah telah menyiapkan uang Rp650 juta untuk Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin. Namun uang itu tidak diberikan kepada Alex Noerdin.

Hal ini diungkapkan Dirut PT DGI Dudung Purwadi saat bersaksi untuk Manajer Marketing PT DGI, M El Idris di Pengadilan Tipikor, Rabu 3 Agustus 2011.

"Itu hanya untuk jaga-jaga, jangan-jangan gubernur minta. Jadi uangnya tidak diberikan. Uangnya disimpan, jadi tidak teralisasi. Saya tidak pernah menjanjikan uang terhadap Gubernur," Dudung saat bersaksi.

Dudung mengaku pernah dihubungi oleh Alex untuk ikut membantu pembangunan proyek Sea Games. "Saya bilang, saat itu kami (PT DGI) sedang sibuk-sibuknya," jelas Dudung.

Dudung kemudian memerintahkan Direktur Keuangan PT Duta Graha Indah, Laurencius Teguh Khasanto agar segera mempersiapkan uang sebesar Rp 650 juta untuk Alex. "Untuk jaga-jaga diberikan ke Pak Gubernur," kata Dudung.

Dudung sendiri membantah dirinya melakukan deal dengan Alex dalam perkara tersebut. Uang itu pun hingga saat ini tidak pernah diserahkan kepada Alex. Uang itu pun sudah disita oleh KPK.

Sementara, Laurencius mengatakan, dirinya diminta Dudung untuk menyiapkan dana untuk Alex Noerdin. "Untuk gubernur. Ngomongnya ke saya seperti itu. Tolong siapkan untuk Pak Gubernur sekitar Rp650 juta. Saya cairkan ceknya terus saya serahkan lewat sekretarisnya," tuturnya.

Dalam dakwaan Idris, ada beberapa nama yang sudah mendapat jatah fee dari proyek senilai Rp 191 miliar. Muhammad Nazaruddin (Anggota DPR -Rl) sejumlah 13 persen, Gubernur Sumatera Selatan sejumlah 2,5 persen, Komite Pembangunan Wisma Atlet sejumlah 2,5 persen, Panitia Pengadaan sejumlah 0,5 persen, Sesmenpora (Wafid Muharam) sejumlah 2 persen. (eh)

8 Terduga Teroris Jaringan JI Ditangkap, Polisi Ungkap Ada yang Berperan Jadi Bendahara
Ketum PSS Erick Thohir bersama Emil Audero Mulyadi

Blak-blakan, Ketum PSSI Erick Thohir Ungkap Pembicaraan dengan Emil Audero

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, blak-blakan soal pertemuan dengan kiper Inter Milan, Emil Audero. Akankah Emil akan jadi pemain naturalisasi Timnas Indonesia terbaru.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024