Kepanikan di Atas Kapal Terbakar di Bakauheni

KMP Laut Teduh terbakar di Selat Sunda.
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Sebuah kapal roro bernama Bukit Samudera Perkasa 1 yang berlayar dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni Lampung terbakar di Pulau Harimau Balak, sekitar 500 meter dari Pelabuhan Bakauheni. Sumber api diduga berasal dari sebuah mobil travel jurusan Jakarta-Jambi.

Api yang membesar langsung menyambar sebuah mobil di sebelah travel tersebut. Kedua mobil kemudian hangus terbakar dan sembat membakar bagian buritan kapal dalam kejadian pada Rabu 3 Agustus 2011 pukul 20.00 itu. Petugas ASDP Pelabuhan Bakauheni langsung berusaha memadamkan api dengan peralatan pemadam kebakaran dari dalam kapal dan kapal bantuan ASDP.

Menurut keterangan sopir travel, Talam, ia tidak mengetahui penyebab kebakaran. Saat kejadian, ia sedang tidur di lantai dua kapal. Ia meninggalkan mobil dalam keadaan mati dan tidak menghidupkan AC.

Saat mengetahui api mulai muncul ia langsung menuju mobil dan membantu memadamkan api. Namun, menurutnya banyak peralatan pemadam kebakaran yang tidak berfungsi.

Menurut salah satu penumpang tujuan Jambi, Talam, kondisi di atas kapal sangat panik. "Saya juga sangat panik, tapi hanya bisa pasrah menunggu bantuan. Beberapa penumpang yang panik saya lihat ada yang terjun terjun ke laut," katanya.

Kebakaran akhirnya bisa dipadamkan tiga jam kemudian. Kapal langsung dibawa ke pelabuhan I Pelabuhan Bakauheni. Tidak ada koran jiwa dalam kebakaran tersebut.

Laporan Andry Kurniawan | Bandar Lampung

Kwarnas Curigai Upaya Terselubung di Balik Penghapusan Ekstrakurikuler Wajib Pramuka di Sekolah
Habib Aboe Bakar Al HAbsyi di DPP PKB bersama elite PKS dan PKB

PKS Bakal Gelar Halal Bihalal Sabtu, Prabowo-Gibran dan Semua Parpol Diundang

PKS akan menggelar acara halal bihalal pada Sabtu, lusa, di kantor DPP PKS. Semua paslon capres cawapres diundang, termasuk parpol

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024