Survei: Italia Berisiko Gagal Bayar Utang

Silvio Berlusconi
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Italia diyakini tengah bermasalah dengan utang, bahkan bisa berisiko default, alias gagal bayar. Kondisi sebaliknya bakal dialami Spanyol. Walau tengah mati-matian mengatasi utang, Negeri Matador itu diyakini terhindar dari risiko default.

Penilaian itu disampaikan lembaga riset ekonomi terkemuka dari Inggris, Centre for Economic and Business Research, yang dikutip stasiun berita BBC. Dalam laporan yang dipublikasikan Kamis, 4 Agustus 2011, CEBR memaparkan proyeksi komposisi pertumbuhan ekonomi dan utang Italia, yang dinilai sangat memprihatinkan.

Pertumbuhan ekonomi Negeri Spagetti itu pada triwulan pertama tahun ini hanya sebesar 0,1 persen dan diperkirakan sulit untuk berkembang lagi wallau Italia berusaha memangkas anggaran dan bertekad menghapus defisit pada 2014. Sebaliknya, utang pemerintah Italia terus membengkak.

Menurut perhitungan CEBR, utang Italia akan terus naik - yaitu 128 persen dari output tahunan menjadi 150 persen dari GDP pada 2017 mendatang. Ini akan terjadi bila yield obligasi Italia di atas enam persen dan pertumbuhan ekonomi tetap stagnan.

"Bahkan bila bunga pinjaman turun menjadi 4%, tingkat pertumbuhan ekonomi masih begitu lesu sehingga kita melihat rasio utang-GDP masih pada 123% pada 2018," kata Doug McWilliams, eksekutif CEBR kepada BBC.

Penilaian CEBR ini sungguh berbeda dengan pernyataan Perdana Menteri Italia, Silvio Berlusconi. Kepada parlemen Rabu kemarin, Berlusconi menyatakan bahwa ekonomi negeri mereka masih kuat dan perbankan nasional masih sehat.

Sebaliknya, CEBR memberi penilaian positif kepada Spanyol. Kendati pemerintah tengah berjuang keras mengantisipasi naiknya yield obligasi dan berupaya meredam defisit anggaran. Menurut CEBR, bahkan dalam situasi buruk pun rasio utang Spanyol tidak akan lebih dari 75 persen dari GDP. "Ada peluang bahwa Spanyol akan terhindar dari default," demikian paparan CEBR.  
 
"Secara realistis, Italia berisiko default, namun Spanyol bisa terhindar dari risiko itu," kata McWilliams.

Mutia Ayu Cerita Kedekatan Sang Putri dengan Marthino Lio Pemeran Glenn Fredly
Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) perdana kunjungan ke IKN

Jokowi Minta AHY Selesaikan 2.086 Hektar Lahan Bermasalah di IKN Tanpa Ada Korban

enteri ATR/BPN, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengungkap 2.086 hektar tanah di Ibu Kota Nusantara (IKN) masih bermasalah. Lahan itu, kata dia, masih ditempati oleh masya

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024