Ramadan, Pesta Lentera di Kairo

Lentera di Kairo, Mesir
Sumber :
  • egyptal

VIVAnews - Sejumlah tradisi unik menyemarakkan suasana Ramadan di Mesir. Selain dentum meriam penanda buka puasa, ada juga tradisi memasang lampu atau lentera tradisional yang disebut fanoos.

Layaknya umat Kristiani yang memiliki tradisi memasang pohon natal, tradisi memasang fanoos ini juga menjadi momentum yang ditunggu-tunggu masyarakat setempat. Menjelang Ramadan, mereka sudah sibuk menyiapkan fanoos untuk dipasang di rumah masing-masing, juga di jalan sekitar rumah tinggal mereka.

Selama Ramadan, bahkan banyak anak-anak yang bermain menenteng fanoos, di jalan-jalan usai buka puasa. Mereka mengayun lentera sambil bernyanyi lagu-lagu khas bersama.

Berdasar legenda, tradisi memasang fanoos bermula pada hari kelima Ramadan tahun 358 Hijriyah. Saat itu Khalifah Fatimiyah Moezz El-Din EI-Allah memasuki Kairo bersama pasukannya untuk membangun kota pertama kalinya. Lantaran hari sudah senja, para penghuni kota menyambutnya dengan membawa lentera untuk menyinari kota.

Terlepas dari kebenaran cerita itu, Fanoos menjadi simbol kuat selama Ramadan di Mesir. Penjualan fanoos pun menjadi ladang bisnis menggiurkan menjelang Ramadan. Alat penerangan tradisional itu umumnya dibuat dari kaleng daur ulang atau plastik dengan berbagai ukuran dan warna-warna khas Timur Tengah, seperti emas, merah tua, tembaga, dan hijau mengkilap.

"Di masa lalu, Fanoos terbuat dari tembaga dan kuningan, tapi sekarang terbuat dari kaleng daur ulang," kata Abdel Dayem, salah seorang pedagang fanoos, seperti dikutip dari touregypt.net. "Meski fanoos asli masih diproduksi, kini mulai populer fanoos plastik dari China yang dipadukan kotak musik." (umi)

Terpopuler: Netizen Serang Wasit Nasrullo Kabirov, Ivar Jenner Sebut Qatar Badut
Polusi Udara Jakarta

Hari Kedua Pasca-Libur Lebaran, Kualitas Udara di Jakarta Terburuk Kelima di Dunia

Kualitas udara di DKI Jakarta menjadi yang terburuk kelima di dunia pada hari kedua pasca-liburan Idul Fitri, Rabu pagi.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024