Direktur Baru IMF Salah Gunakan Kekuasaan?

Christine Lagarde
Sumber :
  • AP Photo/ Remy de la Mauviniere

VIVAnews – Christine Lagarde yang belum lama menjabat sebagai Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF), akan segera mengetahui apakah ia akan menghadapi investigasi resmi terkait tuduhan penyalahgunaan kekuasaan ketika menjabat sebagai Menteri Keuangan Prancis, atau tidak.

Seperti dilansir BBC, juri-juri Prancis akan segera memutuskan apakah Lagarde bersalah atau tidak karena mengintervensi pertarungan hukum antara bekas bank milik pemerintah dengan seorang miliuner Prancis. Lagarde sendiri membantah telah menyalahgunakan kekuasaan. Sejauh ini, tidak ada indikasi bahwa ia memperoleh keuntungan pribadi dari kasus tersebut.

Jaksa Penuntut Umum menyatakan, Lagarde menyalahgunakan otoritasnya dengan menyetujui pembayaran senilai US$406 juta kepada pengusaha Bernard Tapie. Tapie adalah mantan menteri sayap kiri Prancis yang berbalik mendukung Nicolas Sarkozy pada pemilihan presiden tahun 2007 di Prancis.

Saat itu, Tapie sedang berada di tengah pertarungan hukum dengan bank bekas milik pemerintah, Credit Lyonnais. Tapie menuduh bank tersebut telah menipunya pada tahun 1990-an, ketika ia menjual saham Adidas. Tapie sudah kalah dalam Mahkamah Agung Prancis. Namun ia tetap mengajukan banding

Beberapa bulan kemudian, Lagarde yang saat itu baru menjabat sebagai Menteri Keuangan – dengan mengabaikan keberatan dari pejabat kementeriannya – mengintervensi kasus hukum tersebut. Ia menekan Credit Lyonnais dan Tapie untuk melakukan arbitrase.

Apabila pengajuan penyelidikan terhadap Lagarde disetujui, maka hal itu akan menjadi bayang kelam bagi kepemimpinan Lagarde di IMF. Lagarde mengambil alih jabatan Direktur Pelaksana IMF dari Dominique Strauss-Kahn pada Juli 2011 lalu, menyusul penahanan Strauss-Kahn atas tuduhan percobaan perkosaan pada seorang pelayan hotel di New York. (umi)

Cekcok Hebat dan Bergumul di Kamar, Suami Sadis Ini Tega Bunuh Istri Pakai Obeng
(Tengah) Anggota Komisi C DPRD DKI, Esti Arimi Putri

Legislator Soroti Daya Beli Gen Z di Jakarta, Bisa Berkontribusi Besar Kendalikan Inflasi

Anggota Komisi C DPRD DKI Jakarta, Esti Arimi Putri menilai pentingnya upaya pemberdayaan daya beli terhadap semua golongan demi mengendalikan inflasi.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024