BI Mulai Layani Penukaran Uang Pecahan

Penukaran uang baru.
Sumber :
  • ANTARA/Herka Yanis Pangaribowo

VIVAnews - Menghadapi Lebaran tahun ini, Bank Indonesia (BI) kembali membuka tempat penukaran uang pecahan melalui mobil kas sejak kemarin, Rabu 3 Agustus 2011. 

Niat Mulia Maarten Paes untuk Timnas Indonesia

Penukaran uang itu bisa dilakukan di sejumlah titik seperti Monas, Stasiun Kota, Stasiun Gambir, Stasiun Senen, ITC Depok, ITC Roxy Mas, Thamrin City, dan Kopro Tomang.

Menurut Kepala Biro Hubungan Masyarakat BI, Difi A Johansyah,  penukaran uang receh dapat juga dilakukan di mobil kas BI yang berkeliling.

"Masyarakat sudah bisa melakukan penukaran uang di mobil kas BI yang menetap atau berkeliling di sekitar lokasi tempat penukaran uang," ujar Difi, di Jakarta, Kamis 4 Agustus 2011.

Saat ini penukaran uang belum mengalami kenaikan signifikan. "Memang masih sepi, tetapi minggu kedua atau minggu ketiga akan meningkat," ujarnya.

Sebelumnya, BI mengungkapkan akan menambah pasokan persediaan uang menyambut hari raya Lebaran. Tahun ini, BI menyediakan dana tunai Rp61 triliun atau naik dibanding tahun lalu sebesar Rp50 triliun.

Penambahan persediaan pasokan uang itu dilakukan untuk mengantisipasi pengiriman uang ke daerah dua bulan sebelum lebaran. Jangkauan pengiriman uang tahun ini juga diperlebar.

Difi mencontohkan, BI telah mengirimkan uang ke daerah perbatasan seperti Natuna, Kepulauan Riau melalui ekspedisi.

Sementara itu, BI juga bekerja sama dengan 11 bank dengan 300 kantor cabang. "Jadi, nanti nasabah maupun bukan nasabah bisa melakukan penukaran uang di sana," lanjutnya.

Plt Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Chatarina Muliana.

Peserta UTBK Diimbau Waspada Penipuan Janji Kelulusan

Para peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dihimbau untuk tidak terjebak dalam bujukan untuk membeli kelulusan dengan membayar sejumlah uang.

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024