Film Hitchcock yang Hilang Akhirnya Ditemukan

Film Alfred Hitchcock The White Shadow
Sumber :
  • AP

VIVAnews - Film bisu 'The White Shadow' di mana Alfred Hitchcock menjadi penulis sekaligus asisten sutradara ditemukan kembali di Selandia Baru, setelah lama menghilang. Film yang dibuat pada 1923 itu ditemukan di New Zealand Film Archive oleh National Film Preservation Foundation.

Direktur National Film Preservation Foundation, Annette Melville menjelaskan, mereka hanya menemukan tiga dari enam rol film 'The White Shadow' di antara film-film yang disumbangkan keluarga kolektor Selandia Baru, Jack Murtagh kepada New Zealand Film Archive. Tiga rol film tersebut berdurasi sekitar 30 menit.

Seperti diberitakan Associated Press (AP), dalam film tersebut Hitchcock yang masih berusia 24 tahun, didapuk sebagai penulis, asisten sutradara, editor, sekaligus art director. Sementara posisi sutradara dipegang oleh Graham Cutts.

Penulis buku ‘The Films of Alfred Hitchcock’, David Sterritt menilai pengaruh Hitchcock sangat terasa di film tersebut. “Gambarnya sangat ekspresif dan luar biasa menarik untuk dilihat,” kata Sterritt.

Dua tahun pasca terlibat di film 'The White Shadow', Hitchcock mengawali debutnya sebagai sutradara dengan film 'The Pleasure Garden'. Setelah itu ia berturut-turut menyutradarai film thriller klasik seperti ‘Psycho’, ‘The Birds’, ‘Rear Window’, dan ‘Vertigo’.

Sementara itu cetakan ‘The White Shadow’ yang sudah direstorasi akan ditampilkan di Samuel Goldwyn Theater, kantor pusat Academy of Motion Picture Arts and Sciences, Beverly Hills, pada 22 September mendatang. Dalam kesempatan tersebut juga akan ditampilkan dua film pendek yang baru-baru ini ditemukan, termasuk salah satunya film yang dibintangi aktris film bisu ternama, Mabel Normand.

Depok Masuk Aglomerasi DKJ, Wakil Wali Kota: Semoga Lebih Banyak Positifnya
Tangkapan layar anggota TNI tewas tersambar petir di Cilangkap

Berteduh Sambil Main HP, 3 Anggota TNI Tersambar Petir di Dekat Mabes Cilangkap

Tiga orang anggota TNI tersambar petir di depan kawasan Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur. Hal itu diungkap Kepala Pusat Penerangan TNI, Mayjen Nugraha Gumilar.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024