Pansel KPK

Kajati Sumbar Bantah Gagal Karena Nazaruddin

Sutan Bagindo Fachmi
Sumber :
  • Eri Naldi/ VIVAnews

VIVAnews- Panitia seleksi calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi telah menetapkan 10 nama yang berhak lolos mengikuti seleksi tahap tiga. Nama Sutan Bagindo Fachmi, Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat, tidak lolos seleksi.

Gagalnya Fachmi itu dikaitkan dengan tudingan Nazaruddin bahwa ia telah memberi uang kepada Anas Urbaningrum sebesar Rp1 miliar untuk memuluskan langkahnya menuju kursi pimpinan KPK. Terkait hal itu, ia membantah gagalnya ia menuju seleksi tahap berikutnya karena tudingan itu. Ia mengaku tidak ambil pusing jika gagal di tingkat panitia seleksi.

"Tidak lulus di pansel tidak apa-apa, saya tidak memikirkan itu, ikhlas saja," kata Bagindo Fachmi saat jumpa pers di Kejati Sumbar, jalan Pancasila, Kamis, 4 Agustus 2011.

Dia mengaku siap menghadapi serangan Nazarudin atas tuduhan pemberian uang itu. Menurutnya serangan Nazaruddin itu merupakan upaya untuk menjegal dirinya tampil sebagai salah satu pimpinan KPK.

Seperti diketahui, panitia seleksi KPK mengumumkan 10 kandidat lulus seleksi tahap ketiga, dari 17 calon. Kandidat yang lolos itu dipersilahkan untuk mengikuti tahap seleksi terakhir yaitu wawancara.  Dari sepuluh calon itu akan diseleksi lagi untuk memilih 8 orang. Nama 8 orang itulah nanti yang akan diserahkan ke Presiden pada tanggal 18 Agustus 2011 dan Presiden menyerahkan ke DPR pada tanggal 19 Agustus 2011.

Ke 10 calon itu adalah:
1. Abdullah Hehamahua
2. Abraham Samad
3. Adnan Pandupradja
4. Aryanto Sutadi
5. Bambang Widjojanto
6. Egi Sutjiati
7. Handoyo Sudrajat
8. Sayid Fadhil
9. Yunus Husein
10. Zulkarnaen

(Laporan: Eri Naldi|Padang)

Soal Cincin di Jari Manis dan Dilamar di Bali, Ini Kata Syifa Hadju
Langit Yunani (Doc: X)

Langit Yunani Tiba-tiba Berubah Jadi Oranye, Ini Penyebabnya

Media sosial dibanjiri dengan gambar-gambar oanye langit di Ibu Kota Yunani yang membuat penduduk setempat dan wisatawan tercengang.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024