Seleksi Pimpinan KPK

Pansel: Jaksa Fachmi Gagal Bukan Karena Nazar

Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat, Sutan Bagindo Fachmi
Sumber :
  • Antara

VIVAnews - Panitia Seleksi (Pansel) Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mengumumkan 10 nama kandidat yang lolos seleksi tahap ketiga. Salah satu calon yang kandas adalah Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat, Sutan Bagindo Fachmi.

Pansel menegaskan bahwa kegagalan Jaksa Fachmi tidak terkait dengan nyanyian buronan korupsi Muhammad Nazaruddin. Bekas Bendahara Demokrat itu sebelumnya menuding Jaksa Fachmi menyetor Rp1 miliar agar bekas partainya itu memuluskan langkah dia menjadi pimpinan KPK.

"Soal itu (Nazar) tidak menjadi bahan serius, tapi kami juga membaca seluruh masukan masyarakat," kata anggota Pansel KPK, Rheinald Khasali, saat dihubungi VIVAnews.com, Jumat 5 Agustus 2011.

Menurutnya, laporan dari masyarakat mengenai rekam jejak Jaksa Fachmi menjadi pembicaraan serius. Karena, laporan masyarakat tidak hanya omongan belaka, tapi juga ada bukti-buktinya.

Selain itu, integritas dan psikologis calon menjadi penilaian penting. "Jadi kami melihat mulai dari cara dia menjawab, gerakan-gerakannya, mimik muka, bahkan kami juga menilai bagaiamana emosi mereka. Akhirnya kami pada kesimpulan yang sama," jelasnya.

Sebelumnya, Fachmi sudah membantah keras tudingan Nazaruddin. Bekas Jaksa kasus korupsi Tommy Soeharto itu bahkan menuding balik Nazaruddin. Kata dia, serangan Nazaruddin muncul karena kasus mark-up dana pembangunan rumah sakit di Dharmasraya yang melibatkan perusahaan Nazar, PT Anak Negeri. Saat menangani kasus ini, Fachmi mengaku sempat mendapat ancaman lewat telepon dari Nazaruddin agar pengusutan kasus ini dihentikan.

Perasaan Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia U-23 Singkirkan Korea Selatan
Petugas yang mengawal Anies dan Keluarga selama Pilpres 2024 berpamitan

Tim Pengawal Anies Pamitan usai Pilpres 2024 Berakhir

Tugas tim pengawal yang melekat pada Anies Baswedan selaku Capres 2024 nomor urut 01 telah selesai dan mereka telah berpamitan kepada Anies dan Keluarga.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024