Saham Wall Street Anjlok, Terburuk Sejak 2008

Reaksi seorang pialang melihat indeks saham Dow Jones melemah 74 poin
Sumber :
  • AP Photo/Richard Drew

VIVAnews - Ketakutan pada berulangnya resesi pada krisis moneter 2008 di Amerika Serikat berujung pada terpuruknya harga-harga saham di bursa Wall Street, Kamis waktu setempat. Indek saham Dow Jones dilaporkan jatuh hingga 512 poin. Ini merupakan kejatuhan terburuk bagi indeks Dow sejak akhir 2008.

Menurut kantor berita Associated Press, situasi ini membuat Dow Jones dan indeks-indeks saham lainnya terkoreksi hingga 10 persen dari nilai tertinggi mereka di musim semi. "Kita terus dihujani kekhawatiran krisis ekonomi global," kata Bill Stone, kepala strategi investasi untuk PNC Financial.

Dalam dua pekan terakhir Dow Jones sudah kehilangan lebih dari 1.300 poin, atau 10,5 persen. Pada penutupan transaksi Kamis lalu, saham Dow Jones ditutup turun 512,76 poin pada 11,383,68. Nilai pasar Dow Jones juga turun hingga US$1,9 triliun. Ini adalah penurunan terburuk sejak 1 Desember 2008.

Penurunan poin Dow Jones sebanyak 4,3 persen Kamis kemarin adalah yang terburuk ke sembilan yang pernah tercatat. Terburuk pertama terjadi pada peristiwa Black Monday 1987 dengan penurunan saham Dow Jones hingga 22 persen.

Pada indeks blue chip, saham yang terbanyak terpuruk adalah Alcoa, Caterpillar dan Bank of America. Saham s&P 500 turun tajam sebanyak 60 poin atau 4,8 persen. Indeks saham Nasdaq turun 136 poin, atau 5,1 persen. Saham Apple, Google dan Netflix tidak turun terlalu banyak, hanya antara 2-3 persen.

Penurunan ini menyusul melemahnya perekonomian AS ditambah terpuruknya perekonomian di beberapa negara Eropa. Terbaru, Italia dan Spanyol yang kemungkinan perlu bantuan daru Uni Eropa. 

Akibat penurunan saham Wall Street, pasar saham di Asia juga terkena imbasnya. Dilaporkan CNN, Jumat 5 Agustus 2011, pasar saham Asia mengalami penurunan tajam. Saham All Ordinaries Australia turun hingga 4,3 persen, Nikkei Jepang turun 3,5 persen dan Kospi Korea Selatan terpuruk 3,6 persen. (ren)

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Depok, Bandung, Bekasi Sabtu 27 April 2024
Infografik Obat Kuat Pria

Terpopuler: Tentang Nafkah Anak Laki-laki yang Sudah Baliqh sampai Masalah Obat Kuat

Round-up dari kanal Lifestyle pada Jumat, 26 April 2024. Salah satunya tentang penjelasan dokter Boyke tentang obat kuat yang tidak bereaksi.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024