Raksasa Makanan Kraft Pecah Jadi 2 Perusahaan

Biskuit Oreo Cina
Sumber :
  • VivaNews/ Nur Farida

VIVAnews – Raksasa makanan AS, Kraft, mengumumkan rencananya untuk pecah menjadi dua perusahaan independen pada akhir tahun 2012. Sebagai perusahaan global yang bergerak di bisnis makanan ringan, estimasi pendapatan Kraft mencapai US$32 miliar.

Produk-produk Kraft di antaranya mencakup biskuit Oreo, coklat Cadburry, dan permen karet Trident. Setelah pecah menjadi dua perusahaan nanti, sebuah perusahaan makanan Amerika Utara dengan pendapatan US$16 miliar akan mengambil alih merek sebagian produk Kraft, termasuk keju Kraft dan Philadelphia serta jus Capri Sun.

Seperti dilansir BBC, pada kuartal kedua tahun ini, Kraft membukukan peningkatan keuntungan hingga US$976 juta. Peningkatan keuntungan itu 4 persen lebih tinggi dibanding tahun lalu yang mencapai US$939 juta. Pendapatan per kuartal pun meningkat 13 persen menjadi US$13,9 miliar.

Kraft mengatakan, bisnis mereka berkembang secara alamiah menuju dua arah yang berbeda, sehingga keduanya memiliki fokus operasional, profil pertumbuhan, dan prioritas strategis berbeda untuk masa mendatang. Kraft menjelaskan, bisnis makanan ringannya difokuskan untuk pasar berkembang yang tumbuh cepat, sedangkan bisnis bahan pangannya difokuskan pada pendapatan yang tumbuh di Amerika Utara.

Dengan demikian, menurut Kraft, memecah perusahaan menjadi dua perusahaan independen adalah langkah lanjutan yang logis. “Kami telah membangun dua portofolio yang kuat namun berbeda. Langkah strategis kami membuat kami memutuskan untuk menciptakan dua perusahaan besar, dengan masing-masing perusahaan memiliki sumber daya, kepemimpinan, dan posisi pasar yang kuat untuk mengembangkan potensinya secara penuh,” kata CEO Kraft, Irene Rosenfeld.

Sebagai catatan, beberapa tahun terakhir ini Kraft melakukan sejumlah akuisisi, misalnya terhadap Biskuit LU dari perusahaan makanan Prancis, Danone, dan akuisisi kontroversial atas Cadburry di Inggris. Rencana Kraft untuk memecah perusahaannya itu kini membutuhkan bersetujuan dewan komisaris. Bila disetujui, Kraft memprediksi membutuhkan waktu sekurang-kurangnya satu tahun untuk melakukan restrukturisasi. (umi)

Lalu Lintas Bundaran HI Padat di Malam Takbiran, Banyak Pemotor Tak Pakai Helm
Ilustrasi warga Muslim Amerika sholat di depan Gedung Putih

Umat Islam di Amerika Serikat Bakal Rayakan Idul Fitri Rabu 10 April 2024

Umat Islam di Amerika Serikat (AS) juga telah menetapkan Hari raya Idul Fitri tanggal 1 syawal 1445 H jatuh pada hari rabu besok 10 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024