Jelang Lebaran

BI Siapkan Mobil Penukaran Uang Rp500 Miliar

Penukaran uang baru.
Sumber :
  • ANTARA/Herka Yanis Pangaribowo

VIVAnews - Bank Indonesia mulai mengoperasikan mobil uang kas keliling menjelang hari raya Idul Fitri.

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

Mobil itu berada di sejumlah titik seperti di lapangan parkir IRTI Monas, Stasiun Gambir, Stasiun Senen, Stasiun Depok, Stasiun Jatinegara, ITC Depok, ITC Roxy Mas, Thamrin City, serta beberapa pasar tradisional seperti pasar Benhil, Glodok, dan Pasar Baru.

Kepala Bagian Pengelolaan Uang Keluar BI, Annie Farida Lubis, menuturkan, mobil kas keliling tersebut sudah beroperasi sejak 3 Agustus hingga 26 Agustus 2011.

"Satu mobil kas ini berisi uang senilai Rp500 juta. Sementara itu, total keseluruhan untuk semua mobil yang beroperasi di DKI Jakarta dan Jabodetabek sebesar Rp400 miliar hingga Rp500 miliar," kata dia saat ditemui di Jakarta, Jumat 5 Agustus 2011.

5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa

Menurut dia, dalam sekali penukaran hanya diperkenankan maksimal Rp5 juta. Jumlah ini terdiri atas pecahan kecil Rp10.000 hingga Rp1.000. "Mobil kas ini khusus untuk menukarkan uang pecahan kecil mulai dari Rp1.000 hingga Rp10.000 dan uang logam mulai Rp50 hingga Rp1.000," ujarnya.

Untuk uang yang paling diminati masyarakat, lanjut Annie, biasanya pecahan Rp10.000 hingga Rp1.000. Ke depan, BI berencana menggandeng beberapa bank pendamping untuk menyediakan layanan penukaran uang.

"Sekarang ada 11 bank, tetapi kami harap jumlah itu akan bertambah. Pada minggu kedua besok akan ada Bank Mandiri, Bank DKI, Bank Jabar, BTN, dan BRI yang akan bergabung bersama kami," ujarnya.

Dia mengungkapkan, bagi masyarakat yang akan menukarkan uangnya di lapangan parkir IRTI Monas dapat dilayani pada Senin hingga Jumat dari pukul 10.00 WIB hingga siang hari. "Tapi, kami tergantung dengan stok dan jumlah uang dari masyarakat yang akan ditukarkan," tutur Annie. (art)

Menginspirasi Generasi Baru, Fashion Crafty Jakarta Hadirkan Kolaborasi Fashion Photos Project 5
Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Para anggota TNI itu diduga tak terima Prada Lukman dikeroyok preman di Pasar Cikini, Rabu, 27 Maret 2024. Prada Lukman membela ayah rekannya yang dipalak kawanan preman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024