Langgar Pertama KH Ahmad Dahlan

Langgar pertama KH Ahmad Dahlan
Sumber :
  • VIVAnews/Erick Tanjung

VIVAnews - Di Kampung Kauman, Kelurahan Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta berdiri sebuah rumah milik KH Ahmad Dahlan. Di situ pula, konon organisasi Islam Muhammadiyah dilahirkan pada 18 November 1912 atau 8 Dzulhijjah 1330 H.

Di lantai dua rumah itu, terdapat sebuah ruangan yang difungsikan sebagai langgar (musala). Langgar itu mulai difungsikan sejak 1890. Ahmad Dahlan menggunakan lantai dua rumah itu untuk tempat ibadah dan mengaji (belajar dan membaca Alqur'an), baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Jumat, 5 Agustus 2011, VIVAnews.com mengunjungi rumah itu. Untuk menuju langgar, pengunjung harus menapakai tangga tembok diluar bangunan. Di samping tangga paling bawah terdapat kran air tempat wudhu.

Dalam perjalanannya, langgar ini pernah dianggap kontroversi. Masyarakat setempat pernah beramai-ramai merobohkannya.

"Langgar ini sempat dirobohkan, akibat dianggap menyimpang dari arah kiblat yang diyakini masyarakat setempat saat. Pengulu Kraton pada kala itu menyuruh dirobohkan," kata Ahmad Zuhdan, Cicit Ahmad Dahlan dalam perbincangan dengan Vivanews.com di rumahnya yang berada dibawah langgar.

Langgar itu kemudian kembali dibangun pada tahun 1913. Oleh masyarakat setempat, langgar ini dikenal dengan sebutan Pawiyatan yang artinya tempat belajar. "Sewaktu kecil dulu, sehabis Shalat Maghrib, kami, anak-anak kampung Kauman mengaji di Langgar hingga setelah Isya," tutur Zuhdan.

Kini, langgar itu berusia seabad lebih. Aktivitas di langgar ini sudah mulai dikurangi. Saat ini, langgar Ahmad Dahlan ini sudah tidak difungsikan untuk Shalat 5 waktu berjamaah lagi.

Sekarang, langgar itu hanya digunakan untuk mengaji tiga kali dalam seminggu yaitu, hari Senin, Rabu dan Jum'at. "Tapi yang mengaji orang-orang dewasa, usia SMA dan Mahasiswa. Sedangkan anak-anak kecil pada mengaji di TPA," kata Zuhdan.

Sementara itu, guru yang ngajar ngaji di langgar ini adalah anak-anak muda Kampung setempat (Kauman) secara turun-temurun.

Simone Inzaghi Kangkangi Jose Mourinho Usai Inter Milan Juara Liga Italia

Laporan: Erick Tanjung l Yogyakarta

DPC PKB Kota Malang membuka pendaftaran Bacawali di Pilkada 2024

Buka Pendaftaran, Ini Kriteria Calon Wali Kota Malang yang Dicari PKB untuk Pilkada 2024

PKB Kota Malang akan mengusulkan 4 nama ke DPP PKB.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024