Agar Rambut Indah Bebas Polusi

wanita rambut indah
Sumber :
  • inmagine

VIVAnews - Polusi yang ada di sekitar Anda tidak hanya mengganggu kesehatan, tetapi dapat merusak keindahan rambut. Pencemaran udara dari sinar matahari, debu dan asap dapat menghilangkan kilau rambut dan membuatnya kusam.  

Tidak hanya itu, akibat polusi, rambut juga akan terasa kering. Hal ini, tentu saja akan mengganggu penampilan Anda secara keseluruhan.

Sayangnya, pemakaian sampo dan kondisioner secara teratur, belum cukup mengembalikan kesehatan kulit kepala dan rambut. Anda perlu melakukan beberapa tindakan pencegahan untuk menjaga rambut agar tetap sehat, mengkilap, dan indah.

Berikut lima caranya, seperti dikutip dari Idiva.

1. Gunakan scarf atau topi

Scarf dapat membantu melindungi rambut Anda dari sinar matahari. Sinar matahari dapat merusak kutikula rambut bagian luar, sehingga akan terlihat kusam. Gunakan scarf atau topi jika Anda beraktivitas di luar ruangan. "Hal ini sangat penting untuk mencegah hilangnya tekstur halus rambut," kata pakar rambut, Nikita Jain.

2. Hindari menggunakan minyak rambut saat keluar
Jangan aplikasikan minyak pada rambut Anda lebih dari satu jam. Semakin lama rambut Anda berminyak, semakin akan sulit untuk menghilangkannya. Selain itu, penggunaan minyak rambut atau kosmetika rambut yang mengandung minyak akan membuat lebih banyak debu menempel di rambut Anda. Dan, dibutuhkan sampo ekstra untuk membersihkannya.

3. Ikat rambut
Untuk mencegah rambut semakin kusut dan berantakan, sebaiknya ikat rambut Anda. "Jika Anda mengikatnya, akan membantu melindungi rambut dari kerusakan," kata Jain.

4. Gunakan tabir surya khusus rambut

Seperti kulit, rambut juga membutuhkan tabir surya. Untuk rambut, tabir surya semprot akan lebih mudah dipakai. Semprotkan tabir surya pada rambut Anda sebelum  aktivitas di luar ruangan. Hal ini akan melindungi rambut dari kerusakan akibat sinar matahari dan mencegah rambut rontok. Rambut akan lebih mengkilap dan memiliki tekstur yang baik.

Menyemprotkan kondisioner pada rambut juga efektif melindungi rambut dari sinar matahari.

5. Steam rambut

Rawat rambut dengan menguapinya (steam) secara teratur, setidaknya sekali seminggu. Tak perlu ke salon, Anda dapat melakukannya sendiri di rumah.

Caranya sederhana, basahi rambut dengan air hangat, lalu letakkan handuk di atas kepala Anda untuk mendinginkannya lagi. Ulangi proses ini.

"Ini membantu membuka pori-pori kepala dan meningkatkan sirkulasi darah. Dengan perawatan ringan ini, Anda akan memiliki rambut yang indah setiap hari," kata Jain.

Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan
WNA perempuan asal Jerman Laura Weyel - foto: Tangkapan Layar Instagram

Bule Jerman Serang Penjaga Vila di Bali Usai Ditagih Nunggak Sewa 4 Bulan

Video WNA perempuan asal Jerman viral di medsos bernama Laura Weyel merasa diperlakukan tidak adil oleh hukum Indonesia. Padahal nunggak sewa vila

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024