ECB Borong Obligasi Italia dan Spanyol

Euro
Sumber :
  • AP

VIVAnews - Setelah melalui perdebatan panjang, akhirnya Bank Sentral Eropa (ECB) memutuskan untuk membeli obligasi pemerintah Italia dan Spanyol. Langkah ini diambil sebagai salah satu cara mencegah meluasnya krisis Eropa.

Dilansir dari laman The Guardian, langkah ini dilakukan setelah pasar dibuka pada Senin, 8 Agustus 2011. Keputusan membeli obligasi Italia dan Spanyol diperoleh setelah para petinggi ECB melakukan pertemuan pada Minggu, 7 Agustus 2011.

Rencana pembelian obligasi awalnya memecah suara di antara para petinggi ECB. Para penentang langkah ini mengatakan Italia harus terlebih dulu melakukan langkah penghematan sebelum ECB turun tangan. Langkah ini akhirnya diputuskan setelah pemerintah Italia dan Spanyol menyatakan tekadnya melakukan reformasi keuangan.

Dalam pernyataannya, ECB menyambut baik rencana penghematan dan reformasi finansial kedua negara. ECB juga meminta kedua negara menerapkan langkah tersebut dengan cepat.

Awalnya, ECB menolak turun tangan dengan alasan krisis ekonomi adalah tanggung jawab pemerintah nasional. Namun, minggu lalu, aksi beli obligasi terbukti mampu mencegah penurunan perekonomian Italia.

Langkah ini dianggap langkah mendesak, menyusul hangusnya US$2,5 triliun dari pasar saham dunia. Para pemimpin Eropa juga tengah berupaya mengembalikan kepercayaan investor terkait kemampuan pemerintah Barat dalam menekan beban utang mereka yang besar. (umi)

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension
Ilustrasi pelaku

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp100 Juta Jadi Tersangka

Polisi telah menangkap sopir taksi online yang menodong dan melakukan pemerasan terhadap penumpang wanitanya.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024