PLN Jamin Pasokan Listrik SEA Games

Menara SUTET Perusahaan Listrik Negara (PLN)
Sumber :
  • cbc.ca

VIVAnews - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) menjamin kebutuhan listrik selama ajang SEA Games, khususnya di Palembang, akan aman dari pemadaman. PLN bahkan telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp59,6 miliar untuk membangun genset-genset berkapasitas besar.

Direktur Operasi Indonesia Barat PLN, Harry Jaya Pahlawan, menjelaskan kebutuhan listrik untuk gelanggang olahraga (GOR) Jakabaring dan seluruh arena yang ada di Palembang mencapai 10 Mega Volt Ampere (MVA).

"Jika, pada kondisi awal disuplai dari gardu induk Bungaran yang dipasok 2 pasokan, sekarang akan menjadi 6 pasokan dari 3 gardu induk yaitu GI Bungaran, GI Gedukan, dan GI Keramasan," kata Harry di Jakarta, Senin, 8 Agustus 2011.

Selain menambah gardu induk, PLN bakal menambah jumlah maupun kapasitas genset. Untuk GOR Jakabaring, PLN telah menyiapkan genset berkapasitas 5x800 KVA. Untuk sport hall Sriwijaya, PLN menambah satu genset 1x250 KVA.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Rencananya, seluruh genset ini akan tersedia awal September, atau dua bulan sebelum pembukaan yang direncanakan 11 November 2011. "Alokasi anggaran sebesar Rp59,6 miliar, itu sudah dialokasikan pada 2010, jadi pembangunannya sejak tahun lalu," katanya.

Selain itu, PLN membuat posko selama SEA Games berlangsung. Untuk di Palembang, posko berada di GOR Jakabaring. PLN akan menyiapkan 70 orang, termasuk general manager untuk mengamankan pasokan listrik.

"Kami mau aman, sehingga pasokan listriknya berlapis dari tadinya 2 pasokan menjadi enam pasokan ditambah genset kalau terjadi apa-apa," jelasnya.

Dengan adanya ajang SEA Games ini, PLN memperkirakan beban puncak listrik di Palembang dan sekitarnya akan naik dari 352 MW menjadi 370 MW. Namun, PLNĀ  menjamin naiknya beban puncak ini tidak akan mengganggu sistem listrik di Palembang karena persiapan khusus SEA Games telah dipersiapkan sejak lama. (art)

Sidang Lanjutan sengketa perselisihan hasil Pilpres 2024 di MK

Sidang Sengketa Pilpres, MK Pertimbangkan Hadirkan Mensos hingga Menkeu

Kubu 01 dan 03 meminta izin ke MK agar bisa menghadirkan sejumlah menteri dalam persidangan sengketa Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024