Air Putih Bantu Luruhkan Lemak

Minum air
Sumber :
  • dok. Corbis

VIVAnews - Program diet kacau gara-gara sulit mengendalikan nafsu makan? Cobalah memperbanyak konsumsi air putih. Sebuah penelitian mengungkap bahwa konsumsi minimal delapan gelas air putih sehari dapat membantu mengurangi berat badan.

Seperti dikutip dari laman Times of India, penulis 'The Snowbird Diet', Profesor Donald S Roberston, mengatakan bahwa air putih membantu mengikis lemak dalam tubuh secara alami.

Roberston memaparkan hasil penelitian yang mengungkap bahwa lemak dalam tubuh akan bertambah ketika kurang mengkonsumsi air. Sebaliknya, minum air banyak dapat menurunkan kadar lemak dalam tubuh.

Semua itu terkait dengan kecukupan air bagi ginjal. Asupan air dalam tubuh yang kurang akan membuat ginjal tak berfungsi dengan baik. Akibatnya, sebagian muatan di ginjal akan berpindah ke hati yang bertugas mengolah cadangan lemak menjadi energi untuk tubuh.

Tapi, ketika hati juga harus mengolah muatan dari ginjal, fungsinya menjadi tidak maksimal. Ini jelas membuat metabolisme lemak turut terganggu. Lemak akan menumpuk dan memicu kenaikan berat badan.

Mara Z Vitolins, ahli nutrisi dari Wake Forest University Baptist Medical Center juga sepakat dengan penelitian yang menyebut air putih merupakan pereda nafsu alami. "Terkadang sulit membedakan antara haus dan lapar, karenanya coba minum dulu dan tunggu 20-30 menit untuk membaca tubuh apakah benar-benar lapar," katanya di Science Daily. (Rudy Bun)

Mengenal Empat Zaman yang Digambarkan dalam Ramalan Jayabaya
Ilustrasi gender atau jenis kelamin.

7 Negara yang Miliki Toilet Netral Gender di Dunia, Mayoritas di Asia!

Beberapa negara telah memulai pembangunan toilet gender netral sebagai upaya untuk menyediakan fasilitas yang inklusif bagi kelompok LGBTQ+. Toilet gender netral infonya.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024