Bursa Indonesia Anjlok Lagi

Mencermati pergerakan saham
Sumber :
  • www.geckoandfly.com

VIVAnews - Indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia kembali terjungkal pada saat awal pembukaan transaksi. Sentimen negatif bursa Dow Jones, disinyalir menjadi pemicunya.

Menurut Armand Dharmasana, analis PT Phillip Securities Indonesia, penurunan tajam indeks dipicu sentimen bursa acuan dunia, indeks Dow Jones. Dow Jones memulai pekan ini dengan pelemahan hingga 634.76 poin atau turun 5,55 persen dibandingkan penutupan perdagangan Jumat lalu di posisi 10,810.

"Dow Jones ditutup di bawah level psikologis 11.000 dan merupakan penurunan harian terendah sejak krisis keuangan AS tahun 2008," tuturnya dalam riset yang diterima VIVAnews.com di Jakarta, Selasa 9 Agustus 2011.
 
Dia menambahkan, langkah lembaga pemeringkat S&P menurunkan rating utang AS dari AAA menjadi AA, menjadi katalis utama aksi panik investor sehingga melakukkan penjualan saham secara besar-besaran. Terlebih lagi, masih tingginya kekhawatiran perlambatan pemulihan ekonomi AS serta krisis utang Eropa. "Kami estimasi IHSG akan berada di kisaran 3.730-3.880," tutur Armand.

Analis PT Panin Sekuritas Tbk, Purwoko Sartono juga berpendapat, untuk jangka pendek, IHSG masih akan dipengaruhi oleh perkembangan perekonomian global. Penurunan peringkat utang AS oleh S&P ditenggarai menjadi katalis negatif bagi bursa regional. "Hari ini, kami perkirakan indeks bergerak fluktuatif pada kisaran support-resistance 3.801-3.930," tuturnya.

Namun, dirinya melihat, peluang transaksi pada saham-saham unggulan atau blue chips yang sudah jenuh jual akan terjadi kembali.

IHSG pada saat dibuka pagi ini, turun hingga 155 poin atau sekitar empat persen ke level 3.846. Namun dua menit berikutnya, kembali anjlok hingga 200 poin atau sekitar lima persen menjadi 3.649.

Gak Minta Kado, Maxime Bouttier Ngarep Quality Time Bareng Luna Maya di Hari Ulang Tahunnya

Sedangkan pada prapembukaan (pre-opening), IHSG bercokol di 3.700,64 atau turun 149,63 poin (3,89 persen).

Mooryati Soedibyo

Profil Mooryati Soedibyo, Pendiri Mustika Ratu yang Meninggal Dunia

Ada berita duka cita yang menyelimuti kita hari ini. Mooryati Soedibyo, seorang pengusaha yang dikenal luas, telah berpulang pada Rabu, 24 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024