30 September Hari Terakhir Bandara Selaparang

Sumber :
  • Antara/ Ahmad Subaidi

VIVAnews - Bandara Selaparang Mataram akan resmi ditutup pada 30 September 2011  pukul 18.00 Wita. Penutupan Bandara Selaparang itu dilakukan menyusul pengoperasian Bandara Internasional Lombok yang terletak di Tanak Awu, Pujut, Lombok Tengah pada 1 Oktober 2011 pukul 10.00 Wita.

Rencana penutupan Bandara Selaparang Mataram itu sudah disampaikan ke dunia penerbangan termasuk Airport Community. Artinya pengoperasian Bandara Internasional Lombok pada 1 Oktober 2011 mendatang tidak perlu diragukan lagi.

General Manager Angkasa Pura I Bandara Selaparang Mataram I Ketut Erdi Nuke mengatakan pihaknya telah mempersiapkan operasi pemindahan peralatan dan perlengkapan Bandara Internasional Lombok. Operasi "boyong" armada itu dipastikan selesai pada 30 September 2011. Seluruh peralatan termasuk yang berkaitan dengan Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran juga dipindah. 

"Untuk penyelesaian BIL ini, khususnya untuk rencana operasi, sampai saat ini tetap akan dilaksanakan pada 1 Oktober 2011. Artinya operasi BIL dimulai, maka Bandara Selaparang ditutup," kata Erdi Nuka di Mataram, Selasa 9 Agustus 2011.

Sebelum semua peralatan dipindahkan, Angkasa Pura I menggelar simulasi pertama pengoperasian BIL pada tanggal 5-8 September. Simulasi pengoperasian BIL dilakukan tanpa mendaratkan pesawat di Bandara Internasional Lombok.

Liverpool Sudah Temuka Pengganti Juergen Klopp

"Jadi kami sudah bikin edaran kepada Airlines agar mereka mengatur kedatangannya. Jadi pesawat yang pertama memakai bandara yang baru itu adalah pesawat yang datang, karena nggak ada pesawat yang menginap. Sampai saat ini belum jelas pesawat apa yang pertama mendarat di BIL," ujarnya.

Selanjutnya AP I juga akan menyosialisasikan dokumen inti bandara kepada masyarakat. Dokumen inti tersebut berupa dokumen yang memuat tentang pengoperasian bandara, program pengamanan bandara, dokumen Airport Security Committee, dan dokumen penanggulangan gawat darurat bandara.

Erdi mengatakan semua dokumen itu harus disosialisasikan kepada pihak terkait dan masyarakat sehingga pada saatnya nanti kawasan keselamatan operasi penerbangan dapat dipahami bersama.

Bandara Internasional Lombok berada di lahan seluas 551 hektar dengan kapasitas 10 pesawat. Landasannya dapat didarati pesawat Airbus 330 atau Boeing 737. Bandara tersebut diharapkan dapat menunjang perekonomian masyarakat Nusa Tenggara Barat. (Laporan: Edy Gustan | Mataram, umi)

Cerita Herjunot Ali yang Sudah 20 Tahun Jadi DJ
Timnas Indonesia

Prediksi Piala Asia U-23: Korea Selatan vs Timnas Indonesia

Duel Korea Selatan vs Timnas Indonesia dalam babak Perempat Final di Stadion Abdullah Bin Nasser, Jumat 26 April 2024, pukul 00.30 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024