Survei: Perhiasan Emas Tak Populer di Inggris

perhiasan emas
Sumber :
  • corbis

VIVAnews - Memiliki harta  kekayaan termasuk emas perhiasan mungkin menjadi impian banyak orang. Namun di Inggris, sebanyak £1,1 miliar setara Rp15,3 triliun perhiasan emas hanya disimpan dan jarang digunakan pemiliknya.

Terpopuler: Hasil Apik Timnas Indonesia U-23, Anthony Ginting Tembus Olimpiade 2024

Alasan umumnya, model perhiasan yang dianggap terlalu kuno, sehingga jutaan pemilik emas di Inggris hanya menjadikannya sebagai simpanan di lemari.

Bahkan sebuah penelitian yang dilakukan Tesco Gold Exchange melalui jajak pendapatnya menemukan, bahwa lebih dari 27 juta orang di Inggris simpanan perhiasan emas yang tidak diinginkan. Kebanyakan perhiasan emas yang dimiliki dalam kondisi rusak dan tak lagi dijadikan sebagai koleksi perhiasan karena modelnya yang tak lagi jadi tren.

Menariknya, hasil jajak pendapat juga menunjukkan bahwa perhiasan dari emas justru tidak lagi dijadikan sebagai aksesoris penghias tubuh. Satu dari dua wanita (55 persen) mengatakan bahwa mereka memakai emas hanya sekali sebulan atau tidak sama sekali. Sebaliknya perak menjadi pilihan aksesoris yang lebih disukai.

Seperti dilansir dari laman Female First, penelitian ini juga menemukan bahwa penduduk London diperkirakan memiliki simpanan emas £ 171 miliar. Lima wilayah besar lainnya di Inggris yang memiliki banyak simpanan emas diantaranya, West Midlands, North West, South East, dan East Anglia .

Selama delapan bulan terakhir, Tesco Gold Exchange menawarkan harga yang kompetitif bagi para pemilik emas yang ingin menjual simpanannya. Rata-rata para pelanggan ditawarkan dengan harga
£ 357  atau Rp496ribu per gram  untuk perhiasan emas yang mereka miliki.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa 52 persen orang di Inggris hanya menjadikan emas sebagai hadiah yang hanya dipakai sekali atau tidak sama sekali.

Demikian pula hampir sepertiga dari orang di Inggris tidak memiliki petunjuk tentang informasi kenaikan nilai emas, mereka pun seringkali salah mengira nilai emas mengalami penurunan.

Banyak dari mereka yang menjual emas karena merasa butuh uang, tapi ada juga yang menjualnya karena alasan model yang tak lagi populer. Rata-rata dari mereka juga menjaul emas karena ingin menukarnya dengan barang-barang elektronik seperti VCD, DVD atau bahkan karena ingin membeli pakaian, ponsel, komputer dan barang-barang elektronik lainya.
(eh)

Menhub Ingatkan Semua Unsur Aparat Pastikan Kelancaran Arus Balik Lebaran
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas

Menag Ingatkan Umat Islam soal Perjuangan Politik Pemilu 2024 Sudah Selesai

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengimbau seluruh umat Islam agar menjaga ketertiban selama masa Lebaran 2024 atau Idul Fitri 1445 H.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024