Titik Jenuh Pasar Motor Segera Terjadi

Sepeda Motor
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Sepeda motor memang menjadi pilihan tepat bagi masyarakat urban yang tinggal di pusat ibukota. Pantaslah kiranya apabila penjualan roda dua di tanah air terus melonjak tinggi.

Di sisi lain, bila permintaan sepeda motor terus meningkat, suatu saat terjadi titik jenuh. Saat itu lah, masyarakat mulai meninggal sepeda motor, dan pasarnya terus menurun.

Yang menjadi pertanyaan, kapan titik jenuh ini terjadi? “Awalnya kami prediksi tahun ini, tapi ternyata meleset," kata General Manager Marketing Communication & Community Management Yamaha Motor Indonesia, Eko Prabowo, saat berbincang dengan VIVAnews.com di Jakarta, Rabu 10 Agustus 2011.

"Penjualan masih terus meningkat. Bahkan kami memasang target penjualan 3,4 juta pada tahun ini.”

Ia memprediksi titik jenuh penggunaan sepeda motor akan terjadi pada tahun depan. Terlebih jika terus adanya ketersediaan angkutan massal yang nyaman dan aman bagi masyarakat.

Mengantisipasi hal itu, Yamaha Motor Indonesia, sudah menyiapkan strategi khusus agar tidak terjadi penuruan penjualan yang cukup drastis, salah satunya dengan membuat inovasi dari produk-produk terbaru, keterjangkaun harga, dan pelayanan konsumen, terutama kualitas bengkel.

Berdasarkan data dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia, pengiriman sepeda motor dari pabrik ke dealer pada tahun lalu mencapai  7.369.249 unit. Sedangkan untuk pada 2011, hingga bulan Juli sudah mencapai  4.793.884 unit.

Sementara data di Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, tercatat jumlah sepeda motor di Jakarta, Bekasi, Depok, dan Tangerang, dalam lima tahun terakhir ini mengalami peningkatan yang pesat.  Pada 2007 sebanyak 5 juta unit, kemudian pada 2008 (6 juta unit), 2009 (7 juta unit), dan 2010 (9 juta unit). (eh)

Health Minister Ensures Hospitals Ready to Handle Dengue Patients
Prabowo Subianto

Kunjungan ke Luar Negeri, Prabowo Subianto Akan ke China dan Bertemu Xi Jinping

Menteri Pertahanan juga pemenang Pilpres 2024 Prabowo Subianto akan mengunjungi Beijing China, pada 31 Maret-2 April 2024. Prabowo dijadwalkan bertemu Presiden Xi Jinping

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024