Berburu Menu Gulai & Roti Maryam di Ampel

gulai kambing kacang hijau
Sumber :
  • indonesiaeats.com

VIVAnews - Ingin tahu apa menu favorit berbuka puasa di Surabaya? Datanglah ke kawasan Ampel. Di sini, ada gulai bercampur kacang hijau dipadu dengan roti maryam menjadi menu takjil paling dinanti selama Ramadan.

Yang unik, tak seperti umumnya gulai, daging kambing disajikan berupa sate yang tidak dibakar namun dicampur minyak samin. Kacang hijau yang ada dalam gulai juga dipercaya dapat menghangatkan badan.

PDIP Minta Penetapan Prabowo Ditunda karena Gugatan di PTUN, KPU Tegaskan Ini

Cara makannya, roti maryam disobek kemudian dicocolkan ke kuah gulai. Sobekan roti maryam yang dilengkungkan bisa untuk menyendok gulai kacang hijau. Jari penikmatnya terasa lengket berpadu dengan gurih dan rasa hangat.

Namun bagi yang terbiasa pakai sendok, gulai dan sobekan roti maryam bisa langsung disantap dengan aroma minyak samin bercampur hangat kacang hijau yang khas.

"Ini menu spesial yang tersaji di Ampel," kata MH Buchori salah satu penjual gulai Ampel kepada VIVAnews, Rabu, 10 Agustus 2011. Tak hanya dikenal di Surabaya atau Jawa Timur, namun pelancong mancanegara pun akan berburu menu ini saat berada di kawasan Wisata Religi Masjid Ampel.

Buchori mengaku, ia generasi ketiga yang menekuni profesi penjual makanan khas Ampel. Ia bercerita, meneruskan usaha almarhum neneknya, Sawati asal Bangkalan, Madura.

Awalnya, usaha gulai dimiliki seorang India bernama Ami Ali, sekitar tahun 1960. Dan, neneknya saat itu sebagai pegawai kepercayaannya.

"Pada tahun 1970-an setelah berhenti dari majikannya, Sawati melanjutkan usaha itu hingga turun temurun ke anaknya dan kini saya," ucap Buchori. Usaha gulai khas Ampel terus berkembang hingga kini memiliki empat warung dengan pegawai masing-masing tujuh orang. Masing-masing terletak di Jalan KH Mas Mansyur, Jalan Panggung dan Jalan Iskandar Muda di kawasan Ampel.

Jam bukanya setiap hari mulai pukul 03.00 WIB hingga tengah malam. Semakin lama pembeli terus membludak, dan menu yang disajikan sampai menghabiskan tujuh panci. "Sekarang terus bertambah, banyak orang memburu makanan ini setelah usai salat tahajud, salat subuh, setelah salat isya dan sampai tengah malam lagi," urainya.

Film Tuhan Izinkan Aku Berdosa Umumkan Tanggal Tayang

Untuk memenuhi permintaan selama Ramadan, Buchori menyiapkan hingga 70 kg tepung terigu, 50 kg daging kambing untuk diolah menjadi 2 ribu roti maryam dan 2 ribu tusuk sate serta 5 panci gulai.

Ingin merasakan sendiri sensasi roti maryam dan gulai kambing? (eh)

Laporan: Tudji Martudji | Surabaya

Ilustrasi biji Kopi.

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

Bagi banyak orang, kopi adalah minuman wajib untuk memulai hari. Rasanya yang khas dan efek kafeinnya dapat membantu meningkatkan fokus dan kewaspadaan.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024