Pesawat Nazaruddin Dicarter Rp4 M dari AS

Nazaruddin ditangkap di Kolombia
Sumber :
  • tvOne

VIVAnews – Pukul 17.15 waktu Bogota, atau sekitar tiga jam yang lalu, Nazaruddin diterbangkan dengan pesawat carter dari Bandara Bogota, Kolombia, menuju Indonesia. Wakil Duta Besar Republik Indonesia di Kolombia, Made Subagia, menyatakan pesawat yang membawa Nazaruddin itu dipiloti seorang warga Amerika Serikat.

“Pilotnya orang Amerika. Co-pilot-nya juga orang Amerika. Pesawat carteran didatangkan dari Amerika,” kata Subagia ketika dihubungi VIVAnews, Jumat 12 Agustus 2011. Menurut dia, biaya untuk mencarter pesawat dari AS itu mencapai sekitar Rp4 miliar. “Setara dengan biaya kecemasan dan keprihatinan terhadap kasus ini,” Subagia berkelakar.

Subagia menolak untuk menyebut rute yang dilalui Nazaruddin demi alasan keamanan. Ia hanya mengatakan, total ada 12 orang di dalam pesawat. Duta Besar RI untuk Kolombia, Michael Menufandu, tidak ikut mengantarkan Nazaruddin karena kapasitas angkut pesawat yang terbatas.

“Pak Michael tidak ikut berangkat karena pesawatnya tidak muat. Yang ada dari tim KPK, imigrasi, dan kepolisian,” ujar Subagia. Yang penting, kata dia, tim dan rombongan yang mengawal Nazaruddin sudah lancar menjalankan tugas, sampai pesawat diterbangkan dari Bandara Bogota.

Nazaruddin diperkirakan akan tiba di Tanah Air Sabtu pagi besok, 13 Agustus 2011. Kepala Divisi Humas Mabes Polri Inspektur Jenderal Anton Bachrul Alam mengatakan, pesawat yang ditumpangi Nazaruddin kemungkinan akan mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.  

Setibanya di Halim, polisi akan langsung menyerahkan Nazaruddin ke KPK untuk diperiksa. Sebelumnya, Nazaruddin sudah tiga kali dipanggil KPK terkait dengan kasus suap di Kementerian Pemuda dan Olahraga dan kasus korupsi pengadaan barang dan jasa di Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan. (kd)

Demokrat Sebut "Wajar dan Sah-sah Saja" Parpol KIM Minta Jatah Menteri kepada Prabowo 
Presiden RI terpilih Prabowo Subianto di acara Rakornas Partai Amanat Nasional (PAN), Kamis, 9 Mei 2024.

Prabowo: Ada yang Ngaku-ngaku Seolah Bung Karno Milik Satu Partai

Presiden terpilih Prabowo Subianto mengatakan presiden ke-1 sekaligus Proklamator RI Sukarno atau Bung Karno bukan milik satu partai.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024