BI Bantah Batasi Asing Beli Bank Lokal

Darmin Nasution
Sumber :
  • www.daylife.com

VIVAnews- Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution membantah BI akan membatasi kepemilikan asing terhadap bank lokal. BI juga tidak membatasi aksi akuisisi yang ingin dilakukan investor asing terhadap bank lokal.

“Kita tidak ada kebijakan itu. Tidak ada  kebijakan apakah itu sifatnya membatasi asing, atau membatasi akuisisi itu tidak ada," kata Darmin di BI, Jakarta, Jumat, 12 Agustus 2011.

Pernyataan Darmin ini berbeda dengan pernyataan Direktur Direktorat Perizinan dan Informasi Perbankan BI, Joni Swastanto yang menyatakan sebelumnya BI sementara membatasi akuisisi investor asing yang ingin membeli bank sampai akhir tahun. Menurutnya langkah moratorium ini perlu dilakukan untuk menunggu aturan resmi yang akan dikeluarkan terkait kepemilikan bank lokal. Pernyataan Joni bisa dibaca disini.

Darmin menjelaskan BI memang mengkaji kepemilikan bank, namun tidak menyangkut pembatasan terhadap kepemilikan asing," Itu benar-benar untuk good corporate governance (GCG)," tambahnya.

Darmin menambahkan bagi investor yang ingin mengakuisisi bank lokal, masih bisa mengajukan izin. Proses masih berjalan seperti biasa. "Proses (akuisisi) tetap bisa berjalan. Tidak ada pembatasan, apalagi asing," tambahnya.

Tak hanya aturan kepemilikan bank, BI juga menggodok aturan status pendirian kantor cabang bank asing harus berbentuk PT itu untuk mencegah terjadinya gejolak jika negara asal bank asing mengalami masalah.

Sebelumnya Darmin mengatakan, kajian itu berawal dari adanya kekhawatiran jika ada masalah dengan induk bank. Dampaknya bisa ke negara tempat kantor cabang bank asing itu berada. Oleh karena itu, perlu aturan yang melindungi keberhasilan kantor cabang bank asing itu.

"Jika induknya sangat berdampak, harus ada aturan melindungi bangsa. Jika ada apa-apa di induk, semua negara di mana ada cabangnya ikut susah," kata Darmin. (sj)

Alasan Citroen Masih Enggan Pasarkan Mobil Hybrid di Indonesia
Konferensi pers

Mutia Ayu Cerita Kedekatan Sang Putri dengan Marthino Lio Pemeran Glenn Fredly

Dalam kesempatan itu, Mutia juga bercerita bahwa putrinya dengan Glenn, Gewa saat ini memiliki hubungan yang akrab dengan Marthino Lio.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024