PM David Cameron

Menindak Perusuh di Inggris

Perdana Menteri Inggris, David Cameron.
Sumber :
  • AP Photo/Musadeq Sadeq

VIVAnews - Apa yang kita saksikan di jalanan London dan kota lainnya di Inggris benar-benar tidak bisa diterima dan saya yakin seluruh anggota Parlemen akan turut mengutuk peristiwa ini. Menjaga keamanan masyarakat adalah tugas dari pemerintah.

Seluruh penjuru negeri terkejut dengan kejadian yang paling mengerikan dimana orang-orang menjarah, melakukan kekerasan, merusak, dan mencuri. Peristiwa ini murni kriminal, dan tiada alasan untuk membenarkan hal tersebut.

Kita menyaksikan rumah-rumah, perkantoran dan pertokoan dijarah dan dibakar, para polisi diserbu dan para petugas kebakaran diserang saat mereka berusaha memadamkan api, orang-orang merampok saat korbannya terluka dan berdarah di jalan, bahkan tiga orang tidak bersalah ditabrak hingga tewas di Birmingham.

Kami tidak akan membiarkan ini terjadi di negara kita. Kami tidak akan membiarkan budaya ketakutan hadir di jalanan kita. Dan kami akan melakukan apa saja untuk menerapkan hukum dan peraturan untuk membangun kembali masyarakat kita.

Apa yang Salah

Pertama-tama, saya akan menjelaskan rentetan peristiwa yang terjadi. Seminggu lalu, seorang pria bernama Mark Duggan berusia 29 tahun tewas tertembak oleh polisi di Tottenham. Tentu saja ada beberapa pertanyaan yang harus dijawab dan bisa saya pastikan kepada Anda bahwa hal ini sedang diinvestigasi secara mendalam dan independen oleh IPCC.

Kita harus membicarakan pokok dari apa yang sebenarnya terjadi. Pada awalnya, terjadi beberapa demonstrasi damai terkait kematian Mark Duggan dan pihak kepolisian memahami dan mempersilahkan aksi mereka tersebut. Akan tetapi, kesempatan ini justru digunakan oleh para berandalan, pertama di Tottenham, lalu di penjuru London, dan di kota-kota lain.

Adalah salah besar untuk mengatakan bahwa ada hubungan yang bisa membenarkan penyebab insiden ini. Benar-benar tidak masuk akal jika orang-orang menjarah di Tottenham pada akhir pekan, dan tiga hari berikutnya di Salford, disebabkan oleh kematian Mark Duggan.

Anak-anak muda mencuri televisi dan membakar pertokoan bukan karena politik atau protes, ini semua adalah pencurian. Polisi menghadapi para pelanggar hukum di jalanan pada skala yang belum pernah terjadi dalam beberapa dekade.

Dalam beberapa hari terakhir, para polisi telah menunjukkan keberanian mereka dan bekerja di beberapa kasus setiap saat tanpa henti. Mereka pantas mendapatkan dukungan dan rasa terima kasih dari kita semua.

Namun pada minggu ini, semakin jelas bahwa sedikit sekali polisi yang diturunkan di jalanan. Selain itu, taktik yang mereka gunakan juga tidak berhasil.
Kepala kepolisian telah menjelaskan kepada saya mengapa ini terjadi.

Pada awalnya, polisi menganggap situasi ini sebagai masalah ketertiban publik semata, bukan kriminal. Namun kenyataannya bahwa polisi telah menghadapi sebuah tantangan baru dan unik yang sama-sama dilakukan oleh beberapa orang, pada dasarnya menjarah, di tempat yang berbeda, di waktu yang sama.

Menanggapi situasi ini, kami sedang bertindak tegas untuk memulihkan ketertiban di jalanan, mendukung para korban dari kekerasan yang mengerikan ini, serta mempelajari masalah-masalah utama yang menyebabkan sekelompok anak muda memutuskan untuk melakukan kriminalitas yang mengejutkan seperti ini.

Memulihkan Ketertiban

Pertama-tama, memulihkan ketertiban. Sesuai pertemuan COBRA yang saya pimpin pada hari Selasa, Rabu dan pagi ini (9-11 Agustus 2011), kami telah mengambil tindakan tegas untuk penjagaan ketertiban yang lebih kuat dan efektif.

Atas keputusan yang diambil oleh Wakil Kepala Komisioner, Tim Godwin, kini ada lebih banyak polisi di jalanan, lebih banyak orang ditangkap dan lebih banyak penjahat tengah menjalani proses hukum. Met Police meningkatkan jumlah polisi yang diturunkan di jalan-jalan sekitara London dari 6000 hingga mencapai 16000 polisi, dan mereka akan terus bersiaga pada akhir pekan.

Kita juga telah melihat peningkatan jumlah polisi di area-area lainnya. Cuti para polisi telah dibatalkan. Anggota polisi telah dialihkan ke area-area yang lebih membutuhkan bantuan.

Selain itu, banyak pengusaha mempekerjakan satuan keamanan khusus untuk membantu dan mereka telah bekerja dengan sangat baik. Lebih dari 1200 orang telah ditangkap di penjuru negeri.

Kami juga memanfaatkan teknologi dalam membantu upaya kami, dengan cara menyimpan gambar-gambar para tersangka di CCTV. Dengan demikian, walaupun mereka belum ditangkap, wajah-wajah mereka akan tetap teridentifikasi dan mereka tidak akan bisa lepas dari hukum.

Seperti apa yang saya katakan kemarin, tidak ada alasan pemalsuan hak asasi manusia dalam mengumumkan foto-foto ini demi menyeret para kriminal ini ke pengadilan. Siapapun yang dituntut atas kekerasan dan perlawanan serius lainnya harus tetap ditahan dan tidak dibiarkan kembali ke jalanan, dan siapapun yang terbukti akan dipenjara.

Pengadilan-pengadilan di London, Manchester dan West Midlands telah beroperasi sepanjang malam, dan akan terus melakukannya jika perlu. Pengadilan Rendah telah bersikap efektif demi menerapkan keadilan secepatnya. Pengadilan Tinggi mulai memeriksa kasus-kasus yang paling serius.

Kami akan terus melakukan peninjauan ulang secara konstan untuk memeriksa apakah pengadilan memiliki kekuatan yang mereka butuhkan dan kami akan bertindak jika diperlukan. Sebagai hasil dari tindakan tegas dan tanpa kompromi yang telah diterapkan, sudah terjadi kemajuan yang baik dalam memulihkan kembali ketertiban di jalanan London dan kota lainnya di negara kita.

Seperti yang sudah saya jelaskan, segala kemungkinan sedang dipertimbangkan. Pihak kepolisian sudah diperintahkan untuk menggunakan baton round untuk mengendalikan para perusuh. Dan sesuai dan apa yang telah saya katakan kemarin, meskipun sekarang belum saatnya, kami sudah mempersiapkan rencana untuk menyediakan meriam air dalam waktu 24 jam.

Beberapa orang telah mempertanyakan rekomendasi untuk menempatkan Tentara. Komisioner Kepolisian Metropolitan mengatakan kepada saya bahwa beliau  memilih opsi mengerahkan semua kekuatan Polisi ke jalan ketimbang menurunkan tentara.

Itu adalah sikap yang benar dan saya setujui. Namun saya bertanggung jawab untuk memastikan semua kemungkinan dipertimbangkan, termasuk perlu atau tidaknya menurunkan tentara yang dapat menggantikan beberapa polisi bertugas di garis terdepan. Semua orang yang menyaksikan aksi mengerikan ini terkejut dengan bagaimana para kriminal bisa terorganisir melalui jejaring media sosial.

Kebebasan informasi dapat digunakan untuk kebaikan, namun bisa juga digunakan untuk kejahatan. Dan saat orang menggunakan jejaring media untuk kekerasan, maka kita harus menghentikan mereka.

Oleh karena itu, kami bekerja sama dengan Polisi, jasa dan industri intelijen, untuk melihat cara terbaik menghentikan orang-orang berkomunikasi melalui situs-situs dan servis lainnya dalam merencanakan kekerasan, pelanggaran, an kriminalitas. Saya juga menanyakan kepada polisi jika mereka butuh bantuan lainnya.

Khusus mengenai penutup wajah, mereka hanya bisa melepaskan penutup wajah dari para pelaku kejahatan di lokasi tertentu dan dalam waktu terbatas. Oleh karena itu, hari ini saya umumkan bahwa kami akan memberikan keleluasaan kepada polisi untuk melepas semua penutup wajah dalam kondisi apapun jika ada kecurigaan yang terkait dengan aktivitas kriminal.

Dan dalam upaya mengatasi kerumunan, kami juga sedang mempertimbangkan penggunaan kekuatan untuk membubarkan serta penerapan jam malam jika perlu. Kapan pun polisi menghadapi ancaman baru, mereka harus memiliki kebebasan dan kepercayaan diri untuk merubah taktik. Pemerintah ini akan memastikan mereka memiliki sikap tersebut.

Tindakan perlawanan telah diterapkan. Namun tidak akan ada rasa puas diri. Dan kami tidak akan berhenti hingga kekerasan dan keberandalan ini terkalahkan serta hukum dan peraturan diterapkan sepenuhnya di seluruh jalanan kita.

Dukungan Kepada Korban

Elite PAN soal PKB-Nasdem Gabung Prabowo: Ini Masih Perubahan atau Keberlanjutan? 

Saya akan beralih kepada para korban yang tidak bersalah. Tidak ada orang yang akan melupakan tayangan seorang perempuan loncat dari gedung atau toko perabotan yang sedang terbakar dan hangus.

Dan semua orang akan terkesan dengan kata-kata berani yang dilontarkan Tariq Jahan, seorang ayah di Birmingham yang kehilangan anaknya akibat tabrak lari.

Untuk orang-orang yang telah menjadi korban, saya berjanji: Kami akan membantu memperbaiki semua kerusakan, mengembalikan bisnis anda; dan mendukung masyarakat anda.

Dalam hal memperbaiki kerusakan, saya pastikan bahwa semua individu, pemilik rumah atau toko yang telah menderita kerusakan akibat kerusuhan, dapat menerima kompensasi melalui ‘Riot Damages Act’, meskipun bangunannya tidak diasuransikan.

Pemerintah akan memastikan bahwa polisi memiliki dana yang dibutuhkan untuk memenuhi biaya segala klaim resmi dan masuk akal. Dan jika biasanya semua klaim harus diterima dalam waktu 14 hari, kami akan memperpanjang masa klaim hingga 42 hari.

Asosiasi Asuransi Inggris mengatakan bahwa premi yang diperhitungkan dan yang akan dikeluarkan oleh industri asuransi melampaui 200 juta poundsterling.

Top Trending: Habib Bahar Akui Kemenangan Prabowo Gibran hingga Seorang Ulama Kritik Nabi Muhammad

Dan mereka memberikan jaminan bahwa klaim-klaim akan terus ditangani secepat mungkin. Dalam mendukung pihak bisnis, hari ini kami menyusun sebuah skema baru senilai 20 juta poundsterling untuk membantu para pebisnis yang menjadi korban agar dapat bangkit kembali dan beroperasi secepatnya.

Dan untuk meminimalisir biaya yang ditanggung para pengusaha, pemerintah akan mempersilahkan kewenangan lokal untuk memberikan keringanan tarif bisnis, dengan cara menanggung setidaknya tiga perempat dari biaya mereka. Kami akan menunda pembayaran pajak bagi para pengusaha yang sedang membutuhkan bantuan, melalui mekanisme ‘Time to Pay’ dan dukungan lainnya.

Untuk perumahan dan pertokoan yang terkena dampak paling parah, kami telah menginstruksikan kantor penilaian untuk segera menghentikan pajak dewan dan tarif bisnis. Poin yang spesifik telah diangkat di Wolverhampton kemarin. Bahwa regulasi perencananaan kota telah menyulitkan pertokoan untuk memasang penutup keamanan.

Kami akan memangkas segala regulasi perencanaan yang tidak perlu demi menjamin pebisnis untuk segera bangkit dan merasa aman secepatnya. Dalam mendukung masyarakat lokal, bisa saya pastikan bahwa ‘Skema Bellwin’ untuk mendukung pihak kewenangan lokal akan beroperasi.

Akan tetapi, untuk memastikan kesediaan dana secepatnya, hari ini kami membentuk sebuah ‘Skema Pemulihan’ baru senilai 10 juta poundsterling untuk menyediakan dukungan tambahan bagi dewan dalam menjaga area mereka aman dan bersih kembali.

Dan pemerintah juga akan menyediakan dana cepat untuk akomodasi darurat para keluarga yang kehilangan rumahnya akibat kerusuhan ini. Menteri Negara untuk Masyarakat dan Pemerintah Lokal dan Bisnis telah menjelaskan kepada Parlemen mengenai semua skema tersebut hari ini. Tentu saja, situasi akan terus berkembang dan kami akan meninjau ulang secara seksama semua bantuan tambahan yang dipersiapkan.

Solusi Masalah

Tanggung jawab untuk kejahatan selalu terletak dengan kriminal. Tapi kejahatan memiliki konteks. Dan kita tidak harus menghindar dari itu. Saya telah mengatakan sebelumnya bahwa ada masalah besar dalam masyarakat kita dimana anak-anak tumbuh dengan tidak tahu perbedaan antara benar dan salah.

Ini bukan tentang kemiskinan, ini tentang budaya. Sebuah budaya yang mementingkan kekerasan, menunjukkan rasa tidak hormat kepada otoritas, dan mengatakan segala sesuatu tentang hak tetapi tidak ada tentang tanggung jawab.

Dalam banyak kasus, orang tua dari anak-anak ini - jika mereka masih ada - tidak peduli di mana anak-anak mereka atau mereka sedang dengan siapa, apalagi apa yang sedang mereka lakukan. Konsekuensi potensial dari kelalaian dan amoralitas pada skala ini telah jelas terlalu lama, tanpa adanya tindakan cukup yang diambil.

Seperti yang saya katakan kemarin, tidak ada langkah yang dapat diambil. Tapi kita memerlukan sistem yang menguntungkan dan memberikan kompensasi sepadan terhadap usaha-usaha positif dan hal itu berada pada keluarga. Dan kita memerlukan sistem peradilan pidana yang menarik garis yang jelas dan berat antara benar dan salah.

Singkatnya, semua tindakan yang diperlukan untuk membantu memperbaiki masyarakat kita yang rusak. Di jantung semua kekerasan, duduk permasalahannya adalah dari geng jalanan. Teritorial, hierarkis dan sangat kejam, mereka sebagian besar terdiri dari anak laki-laki muda, terutama dari keluarga yang disfungsional.

Mereka mendapatkan uang melalui kejahatan, terutama obat-obatan terlarang dan terikat bersama-sama dengan loyalitas kepada pemimpin geng otoriter. Mereka memiliki kehidupan yang suram dengan pembunuhan antar geng dan serangan tanpa provokasi pada orang-orang yang tidak bersalah.

Dalam beberapa hari terakhir ada beberapa bukti bahwa mereka  berada di balik koordinasi serangan terhadap Kepolisian yang diikuti dengan penjarahan.Saya ingin kita semua menggunakan catatan keberhasilan terhadap geng-geng beberapa kota seperti Boston di Amerika Serikat dan juga polisi Strathclyde di Skotlandia - yang telah melakukan ini dengan melibatkan Polisi, sukarelawan dan pemerintah daerah. Saya ingin ini menjadi prioritas nasional.

Kita telah memberikan surat perintah  terhadap geng dan saya bisa mengumumkan hari ini bahwa kita akan menggunakan surat perintah tersebut dikawasan negeri ini untuk anak-anak dan untuk orang dewasa. Ada juga sanksi lebih lanjut di luar sistem peradilan pidana.

Otoritas lokal dan tuan tanah sudah mengimplementasikan tindakan tegas untuk mengusir pelaku dari perumahan sosial. Beberapa pihak berwenang setempat sudah melakukan hal ini. Saya ingin melihat masyarakat lain mengikuti langkah mereka dan kami akan mempertimbangkan apakah langkah ini perlu diperkuat lebih lanjut.

Dewan yang terhormat, Saya telah meminta Menteri Dalam Negeri untuk berkoordinasi dengan Sekretaris Negara untuk Pekerjaan dan Pensiun dan Kolega Kabinet lainnya pada program lintas-pemerintah untuk tindakan menangani hal budaya geng ini, dan melaporkan kepada Parlemen pada Oktober.

Saya juga percaya kita harus melihat secara jauh dan mendalam dan mengambil pelajaran dari orang lain yang telah menghadapi masalah yang sama. Itu sebabnya saya akan membahas orang-orang seperti Bill Bratton, mantan Komisaris Polisi di New York dan Los Angeles, tentang bagaimana kita dapat melangkah lebih jauh dalam mengatasi permasalahan geng-geng ini.

Tentu saja, masalahnya bukan hanya geng. Ada orang-orang yang menyaksikanjendela toko hancur dan berpikir mereka bisa mencuri barang dan hal itu tidak akan menjadi masalah. Ini jelas bermasalah. Dan orang-orang ini akan menghadapi konsekuensi penuh dari tindakan mereka. 

Dalam beberapa hari terakhir kita telah melihat berbagai emosi menyapu negara ini: marah, takut, frustrasi, keputusasaan, kesedihan - dan akhirnya menetapkan bahwa kita tidak akan membiarkan sedikitpun kekerasan memukul kami. Kami melihat orang-orang  berkumpul di Clapham, di Manchester, di Wolverhampton bersatu membersihkan jalan-jalan dengan sapu

Kami melihat hal itu pada mereka yang berpatroli di jalan-jalan di Enfield sepanjang malam untuk mencegah perusuh. Kami melihat ratusan orang berdiri menjaga di luar Southall Temple, melindungi area tersebut  dari vandalisme.

Ini adalah waktu bagi negara kita untuk bersatu. Untuk orang-orang mematuhi hukum yang bermain sesuai aturan, dan orang-orang mayoritas di negara kita, saya katakan waktu pembalasan telah dimulai, kami akan melindungi Anda, jika Anda sudah memiliki kehidupan dan properti anda dirusak, kami akan memberikan kompensasi kepada Anda. Kami berada di sisi Anda.

Dan untuk orang-orang minoritas yang tidak taat hukum, para penjahat yang telah mengambil barang yang bukan mereka miliki. Saya mengatakan hal ini: Kami akan melacak Anda, kami akan menemukan Anda, kami akan menagih Anda, kami akan menghukum Anda. Anda akan membayar penuh atas apa yang telah Anda lakukan.

Kita perlu menunjukkan kepada dunia, yang telah terkejut, bahwa para pelaku kekerasan yang telah kita lihat di jalan-jalan tidak merepresentasikan negara kita – mereka tidak mewakili generasi muda Inggris. Kita perlu menunjukkan kepada mereka bahwa kita akan memperbaiki masyarakat kita yang rusak, kami akan mengembalikan sikap moralitas dan tanggung jawab yang lebih kuat - di setiap kota, di setiap jalan dan di setiap perumahan.

Dan menuju Olimpiade, kita perlu menunjukkan kepada mereka bahwa negara Inggris tidak merusak, tetapi adalah Negara yang membangun, Inggris sebagai Negara yang tidak menyerah tetapi tetap berdiri, Negara yang tidak melihat ke belakang melainkan ke depan.

David Cameron adalah Perdana Menteri Inggris. Artikel ini merupakan pidato yang disampaikan PM Cameron pada rapat darurat di Majelis Rendah Parlemen Inggris, 11 Agustus 2011, dan dialihbahasakan oleh Kedutaan Besar Inggris di Jakarta

Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali

Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional

Berita tentang nasib dua debt collector yang hendak mengambil paksa mobil Aiptu Fandri di parkiran salah satu pusat perbelanjaan di Kota Palembang jadi yang terpopuler.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024