Sensasi Tarian Cumi di Mulut

cumi menari khas Jepang
Sumber :
  • daily mail

VIVAnews - Mencoba menu khas agaknya menjadi agenda wajib saat bertandang ke sebuah daerah. Jika menganggap sushi sudah biasa, Anda yang sedang berkunjung ke Jepang mungkin sudah saatnya mencoba makanan ekstrim: Odori Don.

Memesan menu khas daerah Hokadate itu, Anda akan dikejutkan dengan sajian cumi yang menggelinjang di dalam mangkuk. Cumi yang disajikan sebetulnya sudah mati, tapi selnya dapat dihidupkan kembali dengan siraman saus kecap spesial.

Odori Don yang berarti cumi menari di mangkuk nasi ini terbuat dari cumi segar tanpa kepala. Kandungan garam yang tinggi dalam saus kecap akan bereaksi dengan ion pada sel yang terletak di setiap tentakel cumi sehingga menciptakan perbedaan tegangan, membuatnya seperti hidup dan menari-nari.

Menyiapkan menu makanan ini, koki Ikkatei Tabiji, di Hokadate, Jepang, harus terlebih dahulu membuang badan cumi. Ia hanya akan menyajikan kepala dan tentakel cumi di atas semangkuk nasi. Sementara badan cumi ditambahkan sebagai pelengkap rasa.

Penasaran ingin mencoba? Anda harus merogoh kocek sekitar ¥2,000 atau lebih dari Rp200 ribu per porsi.

Terekam CCTV Cabuli Gadis Panti Asuhan, Ketua PSI Gubeng Surabaya Dicokok Polisi 
Prabowo Subianto tiba di Malaysia.

Batalkan Aksi Relawan Turun ke Jalan Jelang Putusan Sengketa Pilpres di MK, Prabowo Tuai Pujian

Menurut Sekjen AMMI Arip Nurahman, langkah dilakukan Prabowo ini, agar menjaga situasi tetap kondusif serta menghindari terjadinya perpecahan diantara sesama anak bangsa.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024