KPK: Neneng Sudah Tersangka

Paspor istri politisi Demokrat M Nazaruddin, Neneng Sri Wahyuni
Sumber :
  • VIVAnews/Aries Setiawan

VIVAnews - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Busro Muqoddas memastikan bahwa istri mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, Mohammad Nazaruddin sudah ditetapkan sebagai tersangka. Kini Neneng masuk dalam daftar pencarian orang..

"Status Neneng sudah tersangka," kata Busyro dalam konperensi pers di Kantor KPK, Minggu dini hari, 14 Agustus 2011. 

Catat! Inilah 5 Bulan Terbaik untuk Menikah Menurut Islam

Neneng kini disinyalir ikut berperan menyembunyikan Nazaruddin dari kejaran aparat penegak hukum.

Neneng sempat ikut mendampingi suaminya dalam pelarian ke berbagai negara. Menurut keterangan penyidik yang menjemput Nazaruddin, Neneng termasuk salah satu dari tiga orang yang terdeteksi bepergian bersama Nazaruddin.

"Ada tiga orang yang mendampingi: Nasir, Neneng dan Gareth," ujar Rohadi Imam Santoso, anggota tim pemburu Nazaruddin dari Ditjen Imigrasi.

Neneng dan Gareth tercatat meninggalkan Kolombia pada tanggal 28 Juli. 

Dalam konperensi pers ini, Busyro juga membeberkan ada tiga klasifikasi penanganan kasus-kasus Nazaruddin di KPK. Pertama, yang ada di tahap penyidikan menyangkut kasus di dua kementerian denga nilai proyek Rp200 miliar. Kedua, tahap penyelidikan mencakupi dua kasus di dua kementerian dengan nilai proyek Rp2,642 triliun. Sedangkan yang ketiga, masih di tahap pengumpulan bahan keterangan. Di sini ada 31 kasus di lima kementerian. "Total nilai proyek Rp6,037 triliun," kata Busyro.

Busro menegaskan pemeriksaan Nazaruddin akan dilaksanakan secara independen dan transparan. Untuk itu ia berharap agar "publik tak perlu khawatir karena semua berdasarkan alat bukti yang sah." (kd)

PKS Berterima Kasih kepada Anies-Cak Imin dan Merasa Bangga Jadi Koalisi Perubahan
Gelandang Timnas Indonesia U-23, Marselino Ferdinan

Timnas Indonesia U-23 Dapat Kabar Baik Jelang Lawan Korea Selatan

Timnas Indonesia U-23 dapat kabar baik jelang pertandingan melawan Korea Selatan pada babak 8 besar Piala Asia U-23 2024. Duel ini akan berlangsung di Stadion Abdullah.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024